Tahapan Merawat Rambut Keriting, Biar Tidak Terlalu Mengembang

Merawat Rambut Keriting

PrimaBerita – Sebenarnya merawat rambut keriting tidak sama dengan merawat rambut lurus. Adapun perbedaan tersebut bisa terdapat pada saat menyisir rambut. Meski demikian ada baiknya saat merawat rambut tidak dilakukan dengan asal-asalan dan harus secara rutin demi hasil yang maksimal.

Secara alami, tekstur helaian rambut keriting berbentuk lebih pipih ketimbang rambut lurus sehingga rentan menimbulkan kepatahan. Selain itu bentuk rambut keriting yang melikuk tersebut juga dapat membuat pendistribusian minyak ke akar jadi tidak rata. Oleh sebabnya perlu merawat rambut secara intensif.

Bagi anda yang memiliki rambut keriting dan ingin mengetahui bentuk perawatannya, berikut beberapa tahapan sebagai langkah merawat rambut keriting.

1. Kurangi Pemakaian Shampo Non-Sulfate

Agar rambut terasa lebih lembut dan tidak semakin kering maka anda perlu memakai shampo rendah busa. Karena busa shampo yang banyak dapat mengurangi kelembaban kulit kepala sehingga membuat rambut menjadi lebih mudah kering. Anda bisa mengurangi penggunaan shampo dengan kondisioner.

2. Sisir Saat Masih Basah

Berbeda dengan rambut lurus, pemilik rambut keriting justru harus menyisirnya saat masih dalam keadaan basah. Karena ketika menyisir rambut saat kering bisa membuat rambut semakin kusut. Untuk saran, gunakan saja sisir bergigi jarang.

3. Keringkan Rambut Secara Alami

Tips selanjutnya yaitu mengeringkan rambut dengan cara alami agar tak semakin mengembang dan bertekstur kasar. Hal ini karena rambut keriting cenderung lebih sensitif. Oleh karena itu hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer (alat pengering rambut).

4. Gunakan Vitamin Rambut Sesudah Keramas

Kandungan vitamin rambut dapat membuat rambut lebih ternutrisi. Dengan demikian bila rambut sudah ternutrisi maka kondisinya menjadi lebih kokoh dan tidak mudah kusut. Sementara itu proses pengaplikasiannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan vitamin rambut tersebut ke batang rambut.

5. Tidak Usah Keramas dengan Air Hangat

Keramas dengan air hangat dapat merusak rambut karena suhunya dapat merangsang kutikel rambut untuk terbuka. Dengan demikian saat ke salon mintalah kapster untuk tidak mengkramasi anda dengan air hangat.

Add a Comment