Sering Mencintai Seseorang yang Tidak Bisa Anda Miliki? Ini Alasannya

mencintai seseorang tidak bisa anda miliki

PrimaBerita – Membahas soal perasaan ataupun soal cinta memang tidak ada habisnya. Jika anda pernah mendengar lagu Terlanjur Mencinta oleh Lyodra Idol, tentu anda akan mengetahui tema dari lagu tersebut yaitu suka tapi tidak bisa memiliki. Apakah anda orang yang sering mencintai seseorang yang tidak bisa anda miliki? ternyata ada alasan psikologisnya loh.

Berikut Alasan Sering Mencintai Seseorang yang Tidak Bisa Anda Miliki

Secara umum, ada beberapa hal yang membuat seseorang tertarik dengan orang lain yang tidak bisa ia miliki antara lain:

Naluri Alami

Suzanne Degges-White, Ph. D., profesor psikologi dari Northern Illinois University, Amerika Serikat, menjelaskan penyebab fenomena ini.

Melansir dari Psychology Today, ia mengatakan, ketertarikan seksual dan romantis memang sering muncul mendadak. Hal ini merupakan respons fisiologis dasar dan normal terhadap sesuatu yang kita anggap menarik.

“Jadi, jangan menyalahkan diri sendiri saat menyadari bahwa Anda telah menyukai seseorang yang seharusnya tidak disukai. Ini di luar kuasa. Anda tidak menyuruh otak untuk membangkitkan ketertarikan tersebut,” jelasnya.

Takut Berkomitmen

Jika fenomena ini tidak hanya sekali dua kali, Degges-White mengatakan, ada kemungkinan Anda punya fobia hubungan atau komitmen.

Sadar atau tidak, orang yang takut punya hubungan dan komitmen akan membiarkan ia mengagumi dan suka dengan orang yang tak bisa ia gapai.

Penaklukan Sebagai Cara Memuaskan Ego

Mencintai seseorang yang tidak bisa anda miliki juga menjadi pertanda Anda suka dengan sesuatu yang anda kejar dan anda taklukkan. Manusia pada dasarnya adalah “predator” alami. Mereka berburu satu sama lain. Pada saat mengejar buruannya, ini menganggap sebagai suatu hal yang menyenangkan.

Semakin sulit orang tersebut untuk anda kejar atau anda dapatkan maka petualangan pun akan semakin seru dalam mencari cinta. Penolakan dari si target pun justru dapat meningkatkan rasa rindu dan candu.

Sesuatu yang Pasti Itu Membosankan

Ketika anda memiliki sesuatu yang pasti dan mudah untuk anda raih, alam bawah sadar ternyata menilai hal itu sebagai hal yang membosankan.

Karena itulah, beberapa individu mengatasi kebosanan tersebut dengan cara mendambakan seseorang yang tidak mungkin ia miliki.

Memang Jatuh Cinta Saja

Tertarik dengan seseorang tentu ada alasannya pada masing-masing setiap orang. Terkadang, tidak hanya ingin memenuhi ego namun sesederhana orang jatuh cinta saja.

Meskipun banyak orang yang mengatakan rasa suka tapi tidak bisa memiliki itu adalah hal yang sia-sia, perasan seperti sangat susah untuk anda tebak dan anda kendalikan.

Lalu bagaimana menghadapi perasaan tersebut?

Ikhsan Bella Persada, M. Psi., Psikolog mengatakan, “Ketika menyukai seseorang, kita perlu sadari, apakah ini sekedar suka karena tertarik secara fisik atau memang kita mengagumi kepribadian dan pola pikirnya? Kalau memang cuma karena fisik, sadari bahwa hal semacam ini tidak akan berlangsung lama.”

Memaksakan sesuatu hanya karena ketertarikan atau ingin memuaskan ego, biasanya akan berakibat buruk. “Sadarilah apa yang dicari dalam suatu hubungan. Apa tujuan yang kita cari? Apakah tujuannya ada di orang tersebut? Kalau memang tidak ada, pertimbangkan kembali,” sarannya.

Selain itu, Anda bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  1. Tidak perlu menghindar sama sekali, hanya batasi frekuensi pertemuan dan komunikasi yang tidak perlu.
  2. Lakukanlah hal sesuatu yang lebih berarti untuk diri sendiri, misalnya melakukan hobi yang sempat terhenti.
  3. Luangkan waktu lebih untuk orang-orang yang sudah jadi milik Anda, misalnya keluarga dan sahabat.
  4. Santai saja, hampir semua hal yang pernah terjadi bisa terhapus oleh waktu. Jadi, biarkan waktu membantu Anda untuk melupakan.
  5. Gunakan sudut pandang lain. Jika Anda mencintai seseorang yang sudah punya pasangan misalnya, bagaimana perasaan pasangannya itu? Bagaimana jika Anda yang berada di pihaknya? Jika tidak ingin disakiti suatu hari, maka jangan menyakiti duluan.
  6. Perluas lagi pergaulan Anda. Masih banyak pria dan wanita di luar sana yang bisa dimiliki, menerima apa adanya, dan bisa bikin bahagia.

Add a Comment