Remaja Kecanduan Gadget? Begini Cara Mengatasinya

remaja kecanduan gadget

PrimaBerita – Kecanduan gadget bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja melainkan bisa terjadi pada anak-anak dan remaja. Khususnya bagi remaja yang sudah kecanduan gadget, biasanya mereka akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain gadget. Hal ini karena banyaknya fitur dan aplikasi menarik dalam gadget. Padahal sebenarnya kecanduan gadget merupakan suatu hal yang kurang baik.

Bahkan sebuah penelitian dalam publikasi Advances in Social Science, Education, and Humanities Research menyimpulkan kecanduan gadget pada remaja berdampak negatif pada kontrol perilaku dan family functioning. Oleh karena itu, cobalah mencoba beberapa tips ini guna mengatasi kecanduan gadget tersebut.

Tips Mengatasi Remaja yang Kecanduan Gadget

  • Perbanyak Sosialisasi dengan Teman

Remaja sebaiknya menambah waktu bersosialisasi dengan teman. Misalnya mengatur jadwal liburan bersama atau hanya sekedar berkumpul saat akhir pekan. Namun saat berjumpa dengan teman alangkah lebih baik lagi untuk menjauhkan handphone atau gadget masing-masing guna menciptkan pertemuan yang lebih berkualitas. Lakukan sejumlah hal yang membuat teman dan anda sendiri senang saat berjumpa.

  • Hapus Aplikasi Penyebab Kecanduan

Bila anda tidak ingin kecanduan gadget maka hapus saja aplikasi yang menyebabkan anda kehabisan sebagian besar waktu untuk menatap layar gadget. Dengan begitu maka anda tidak akan sering lagi memeriksa gadget. Alih-alih bermain gadget, anda bisa mengisi waktu luang dengan membaca buku favorit.

  • Matikan Gagdet Sebelum Tidur

Untuk mengatasi kecanduan selanjutnya sebaiknya sejam sebelum tidur matikan gadget. Karena beberapa notifikasi dari gadget bisa saja mengganggu aktivitas tidur anda pada malam hari. Pun demikian, jangan terlalu sering membukadan memeriksa beberapa aplikasi.

  • Ketahui Dampak Kecanduan Gadget

Remaja juga perlu mengetahui dampak kecanduan gadget. Hal ini supaya kegiatan sehari-hari menjadi tidak terganggu. Selain itu emosi juga bisa dikontrol dengan baik. Pasalnya seorang pecandu gadget tidak akan menyadari betul bahwa ia sedang kecanduan. Padahal dampaknya bisa membuat remaja kesulitan untuk beristirahat dengan tenang serta mengalami gangguan emosi. Menurut sebuah sumber, kecanduan gadget bisa mengubah zat kimia dalam otak sehingga mempengaruhi fisik serta psikologis dan perilaku seseorang.

Add a Comment