Raja Thailand Angkat Selir Sineenat Jadi Ratu Sebagai Hadiah

raja thailand angkat selir ratu

PrimaBeritaRama X Maha Vajiralongkorn (68), Raja Thailand dikabarkan angkat selir Sineenat Wongvajirapakdi sebagai ratu kedua. Melansir Sputnik News, Kamis (28/1), keputusan Raja Vajiralongkorn itu ia berikan sebagai hadiah ulang tahun ke-36 bagi Sineenat.

Menurut laporan, Raja Thailand Vajiralongkorn angkat selir Sineenat sebagai ratu pada Selasa (26/1) lalu. Upacara penobatan gelar ratu kepada Sineenat mereka laksanakan dengan tata cara Buddha d! Dermaga Waskuri, Bangkok.

Meski ia sempat memenjarakan Sineenat, sebagian kalangan menilai keputusan Raja Vajiralongkorn tidak mengejutkan.

Pada 2019, Raja Vajiralongkorn memerintahkan pasukan pengawal kerajaan menangkap dan menjebloskan Sineenat ke dalam penjara. Raja Vajiralongkorn juga sempat mencabut seluruh gelar kerajaan dan kepangkatan militer Sineenat.

Penyebabnya adalah Sineenat mencoba menghalangi Raja Vajiralongkorn untuk mengangkat sang permaisuri, Suthida Bajrasudhabimalalakshana (42), menjadi ratu. Hal itu terjadi akibat perseteruan antara Sineenat dan Suthida yang mengakibatkan intrik dalam istana.

Sejumlah abdi dalem istana Kerajaan Thailand juga terseret dalam pusaran konflik itu dan ada yang memilih mendukung Suthida dan Sineenat.

Akan tetapi, Raja Vajiralongkorn memutuskan membebaskan Sineenat pada tahun lalu, dan mengembalikan seluruh gelar kerajaan dan pangkat militer. Raja Vajiralongkorn lantas meminta Sineenat terbang ke Jerman dan menemaninya.

Padahal saat itu Thailand tengah bergolak akibat demonstrasi menuntut revisi undang-undang dasar, dan mendesak Perdana Menteri Prayuth chan-o-cha mengundurkan diri karena diduga pemerintahannya sarat korupsi, seperti dilansir media massa Jerman, Bild.

Baru-baru ini ribuan foto syur milik Sineenat yang tersimpan dalam ponsel yang telah tersita saat ia tertangkap bocor ke khalayak. Dugaan Sineenat sengaja mengambil foto itu secara pribadi dan mengirimkannya kepada Raja Vajiralongkorn.

Suthida dan Sineenat sama-sama pernah mengenyam pendidikan militer dan mengabdi sebagai ajudan raja.

Sineenat pernah bertugas menjadi perawat dalam rumah sakit Angkatan Darat Kerajaan Thailand, sebelum ia menjadi anggota pengawal kerajaan. Ia juga mahir menerbangkan pesawat.

Add a Comment