Perbedaan Mie Instan Indonesia dengan Korea, Sudah tahu belum?

Perbedaan Mie Instan Indonesia dengan Korea

PrimaBerita – Setiap negara tentu memiliki produk mie instan sendiri. Misalnya Indonesia dan Korea yang memiliki beragam mie instan. Namun tahukah anda perbedaan mie instan Indonesia dengan Korea?.

Mie instan pada beberapa negara ada banyak varian begitupula dengan kemasannya. Ada kemasan plastik, cup hingga mangkuk. Varian rasanya juga beragam, ada yang kuah dan goreng, harganya juga terjangkau.

Saat drama Korea telah memiliki banyak penggemar Indonesia tentu membuat penasaran bagaimana mie instan Korea. Nah, anda bisa mengetahuinya lewat video YouTube Bandung Oppa (2/10).

Berikut perbedaan mie instan Indonesia dengan Korea:

 Ukuran

Mie instan Indonesia yang paling terkenal adalah dari merek Indomie. Kemasan mie instan Indonesia umumnya menggunakan plastik.

Satu bungkus mie instan Indonesia berisikan mie berbentuk persegi panjang dan ukurannya tidak besar. Hanya memiliki berat 70 gram.

Sedangkan mie instan Korea ukurannya lebih besar. Satu bungkusnya memiliki berat 120 gram. Ini karena porsi makan orang Korea jauh lebih besar.

Harga

Dari segi harga sudah pasti berbeda, bahkan perbedaannya cukup jauh. Kalau mie instan Indonesia, harganya per bungkusnya sekitar Rp 2.500-Rp 3.000 saja.

Sedangkan mie instan Korea punya harga 4 kali lipat lebih mahal. Satu bungkusnya biasa terbanderol harga sekitar 1,000 KRW (Rp 12.744).

Bumbu

Ternyata ada perbedaan juga dari segi bumbu mie instan. Kalau di Indonesia, dalam sebungkus mie instan punya beragam jenis bumbu. Mulai dari minyak, bumbu base, dan bubuk cabai. Ada juga yang menggunakan tambahan bawang goreng, atau sayuran kering.

Kalau di Korea, dalam sebungkus mie instan hanya terdapat 1-2 macam bumbu saja. Biasanya bumbu mereka sudah berupa pasta. Ada juga yang minyaknya dicampurkan bubuk cabai, jadi ragam bumbunya jauh lebih sedikit.

Cara Memasak

Untuk cara memasak sebenarnya tak banyak memiliki perbedaan. Karena kedua mie instan sama-sama direbus dalam air mendidih.

Bedanya adalah kalau orang Korea biasanya langsung mencampurkan bumbu ke dalam rebusan mie. Sedangkan, orang Indonesia biasa menaruh bumbu di dalam mangkuk atau piring.

Cara Makan

Cara makan mie instan ala orang Indonesia dan Korea sangat berbeda. Kalau orang Indonesia, biasanya memakai garpu dan sendok. Mie instan juga disajikan di dalam mangkuk atau piring.

Sedangkan orang Korea, mereka menggunakan sumpit. Biasanya mereka juga langsung menyantapnya dalam panci. Setiap makan mie instan, orang Korea juga biasa menambahkan kimchi.

Add a Comment