Masih Muda Sudah Kena Penyakit Jantung? Kenali Penyebabnya

masih muda kena penyakit jantung

PrimaBerita – Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang yang masih terbilang muda sudah kena penyakit jantung. Sebab sekarang ini penyakit jantung sudah tidak identik lagi dengan orang lanjut usia (lansia).

Salah satu studi dalam terbitan jurnal Circulation tahun 2018 membuktikan dengan penelitian yang melibatkan sebanyak 28.732 pasien berusia 35 sampai 74 tahun. Adapun partisipan tersebut merupakan pasien yang mendapat rawat inap akibat serangan jantung.

Hasilnya sebanyak 30% dari pasien tersebut tergolong masih berusia muda. Selain itu dari tahun ke tahun angka serangan jantung pada kategori usia muda khususnya wanita, kerap mengalami peningkatan. Dari hanya 27% pasien dari data tahun 1995 – 1999 bertambah menjadi 32% pada penelitian tahun 2010 – 2014.

Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab seseorang yang masih muda sudah terkena penyakit jantung?

Kebiasaan Merokok

Kaitan antara rokok dengan resiko berbagai penyakit juga telah masuk dalam laporan jurnal Circulation pada tahun 1997. Bahkan sebanyak 30% dari kematian akibat penyakit jantung koroner terjadi karena kebiasaan merokok.

Mengalami Depresi

Saat seseorang sedang stres tinggi maka muncullah depresi. Namun jika kita biarkan secara berlarut maka penyakit mental ini dapat mengganggu kesehatan fisik. Pasalnya orang yang depresi akan selalu berada dalam keadaan yang tertekan sehingga menyebabkan kadar hormon kortisol menjadi tinggi. Hal ini pula yang bisa memicu resistansi insulin hingga peningkatan lemak viseral. Yang nantinya bisa meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung. Untuk itu seseorang memang perlu waspada. Dalam sebuah terbitan Journal of the American College of Cardiology menemukan adanya kaitan antara tingkat kolesterol tinggi dengan kemungkinan penyakit jantung. Dalam penelitian tersebut terlibat 5 ribu orang berusia 18 sampai 30 tahun. Hasilnya orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi saat memasuki usia 20-an akan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit berbahaya, misalnya serangan jantung ataupun penyakit kardiovaskular lainnya.

Gaya Hidup Tidak Aktif

Banyak anak muda yang kurang memperhatikan pola hidup sehat dan jarang olahraga adalah salah satu diantaranya. Oleh sebab itu untuk mencegah timbulnya resiko kena penyakit jantung maka sebaiknya perbanyak olahraga dan memperbaiki pola hidup yang sehat.

Add a Comment