Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Diketahui

PrimaBerita – Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan oleh karena itu tubuh memerlukan cairan yang cukup. Meski begitu, minum air tidak melulu dengan suhu yang normal. Minum air hangat juga memiliki manfaat yang jarang orang banyak ketahui.

Mengutip Medical News Today, air akan membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi sehingga tubuh dapat bekerja secara optimal.

Berikut manfaat minum air hangat yang jarang banyak orang ketahui :

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Usus halus menyerap cairan dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Akibat kurang minum, menyebabkan dehidrasi dan menghambat pergerakan usus.

Kondisi dehidrasi yang parah, dapat menyebabkan konstipasi (sulit BAB) kronis, menyebabkan proses pergerakan usus jadi menyakitkan, selanjutnya bisa memicu wasir dan perut kembung.

Nah,air hangat mampu memecah makanan lebih cepat. Hal ini akan membantu melancarkan pergerakan usus, sehingga bisa mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Dengan demikian, sistem pencernaan pun jadi lancar.

Menurunkan berat badan

Minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan, yang menyebabkan timbulnya perasaan kenyang sehingga mencegah keinginan untuk selalu makan, bantu tubuh dalam menyerap nutrisi.

Berdasarkan penelitian yang terbit pada The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, ternyata mengganti air dingin dengan air hangat bisa membuat proses penurunan berat badan jadi lebih maksimal.

Para peneliti menemukan, minum 500 ml air putih sebelum makan dapat meningkatkan kecepatan metabolisme hingga 30 persen. Efek termogenik, yakni proses yang membantu pembakaran lemak, menghasilkan pembakaran kalori sebanyak 100 kJ. Dari jumlah tersebut, sebanyak 40 persen berasal dari pemanasan air dari 22 derajat Celsius menjadi 35 derajat Celsius.

Mendorong konsumsi kopi dan teh

Sebuah penelitian tahun 2017 yang terbit dalam jurnal Annals of Internal Medicine mengungkap manfaat minum kopi. Penelitian yang melibatkan 185.855 orang partisipan berusia 45—75 tahun ini menyimpulkan, yang bukan peminum kopi, mereka yang terbiasa minum kopi menunjukkan tingkat kematian yang lebih rendah. Dengan kata lain, minum kopi bisa memperpanjang umur.

Mengutip Harvard Health, dari berbagai studi, kebiasaan minum kopi (dengan catatan bukan perokok), selain bisa menurunkan risiko kematian sebanyak 8—15 persen, juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Penyakit tersebut adalah penyakit kardiovaskular (serangan jantung, gagal jantung, dan stroke), penyakit diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer dan Parkinson, beberapa jenis kanker (kanker usus, rahim, dan hati), serta mengurangi risiko terkena sirosis hati.

Minum teh juga telah terbukti bisa menurunkan berbagai risiko penyakit hati. Yaitu kanker hati, sirosis (jaringan parut yang terbentuk akibat rusaknya sel-sel pada hati), serta penyakit perlemakan hati.

Konsumsi teh juga dapat menurunkan risiko penyakit, antara lain adalah depresi, stroke, penyakit jantung, diabetes, serta penurunan risiko kematian dini.

Melancarkan aliran darah

Mandi dengan air hangat dapat melancarkan peredaran darah pada organ tubuh. Sehingga, proses transportasi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh bisa berjalan dengan baik.

Meski masih sedikit penelitian yang mengamati dampak minum air putih hangat terhadap aliran darah, tapi para ahli meyakini, efeknya serupa dengan mandi menggunakan air hangat.

Detoksifikasi

Mengutip dari Reader’s Digest, Luiza Petre, MD, seorang kardiolog menjelaskan, minum air hangat dapat meningkatkan temperatur tubuh, merangsang keluarnya keringat, yang mana merupakan mekanisme tubuh dalam mengeluarkan racun.

Jika air hangat ditambahkan perasan air lemin maka dapat membantu dalam menyeimbangkan tingkat keasaman dari asupan makanan sehari-hari. Namun pastikan suhu air putih yang akan anda minum tepat.

Add a Comment