Lakukan Langkah Ini Untuk Mengatasi Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

kebiasaan mendengkur saat tidur

PrimaBeritaKebiasaan mendengkur atau mengorok saat tidur memang kurang baik. Sebab orang yang tidur di sebelahnya dapat menjadi tidak nyaman. Hal ini tentu karena munculnya suara dengkuran saat tidur.

Menurut wikipedia, mendengkur adalah suara yang timbul saat tidur yang terjadi akibat getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Atau pada umumnya dengkuran ini banyak terjadi saat menghirup nafas (inspirasi). Kebiasaan ini dapat terjadi pada anak-anak dan juga orang dewasa. Namun seiring bertambahnya usia, dengkuran bisa semakin meningkat hampir 50% manusia yang berusia 60 tahun ke atas.

Untuk mengatasi kebiasaan mendengkur saat tidur, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu:

Salah satu faktor yang bisa membuat seseorang mendengkur adalah karena tubuh kekurangan cairan. Dengan demikian jangan lupa untuk selalu cukupi kebutuhan air putih sehari-hari, termasuk sebelum tidur.

  • Tidur dengan Posisi Miring

Posisi tidur yang miring bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi kebiasaan mendengkur. Bahkan menurut sebuah laporan dalam The Pharmaceutical Journal (2005) menyebutkan tidur dengan posisi tengkurap hanya akan menyebabkan penyumbatan jalur udara sekitar pangkal leher. Alhasil penyumbatan jalur udara inilah yang bisa memunculkan dengkuran.

  • Laksanakan Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak atau minum minuman beralkohol juga bisa memicu dengkuran saat tidur. Jika demikian, cobalah hindari semaksimal mungkin untuk mencegah dengkuran saat tidur.

  • Menyangga Kepala dengan Bantal

Hasil penelitian dalam Indian Journal of Medicine tahun 2015 mengungkapkan bahwa menyangga kepala dengan bantal saat tidur merupakan cara paling mudah untuk mengatasi kebiasaan mendengkur. Caranya yaitu cukup tinggikan bantal tidur anda agar saluran udara terjaga dan tetap terbuka. Tetapi jangan pula menyusun bantal terlampau tinggi.

  • Mengganti Bantal

Bila anda tidur suka mengorok maka cobalah mengganti bantal setidaknya 2 minggu sekali. Karena hasil penelitian 2017 Global Journal of Otolaryngology menyebutkan faktor lain yang bisa membuat seseorang mendengkur adalah karena ada alergen berupa debu pada bantal. Sehingga alergen dapat menjadi biang dengkuran.

Add a Comment