Lakukan Cara Sederhana Ini Untuk Mencegah Sakit Maag

Cara Mencegah Sakit Maag

PrimaBerita – Sakit maag merupakan penyakit yang telah banyak orang alami. Saat kambuh, penyakit ini akan menggangu aktivitas pengidapnya. Untuk itu, lakukan beberapa cara sederhana untuk mencegah sakit maag.

Saat maag kambuh maka akan timbul rasa nyeri yang membuat perut terasa melilit, sehingga membuat pengidapnya meringis kesakitan.

Penyebab sakit maag ini sendiri bisa karena beberapa hal, salah satunya berlebihnya asam pada lambung. Kondisi ini yang bisa menyerang lapisan lambung hingga menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu, bisa juga karena infeksi pada perut oleh bakteri Helicobacter pylori, dan penggunaan yang kronis terhadap obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin.

Berikut Cara Sederhana Untuk Mencegah Sakit Maag

Jangan Asal Mengasup Makanan

Ada berbagai macam makanan yang sebaiknya para pengidap hindari, contohnya adalah daging dengan kandungan lemak yang tinggi, jeruk dalam bentuk buah utuh atau jus (makanan/minuman asam), serta kopi dan teh yang mengandung kafein atau tanpa kafein.

Pengidap maag juga perlu menghindari makanan dengan bumbu yang dapat mengiritasi mulut dan perut, cokelat, bawang-bawangan, makanan yang banyak mengandung garam, dan makanan yang banyak mengandung gas (brokoli, kol, dan kacang-kacangan).

Jangan Tidur saat Perut Penuh

Ketika perut dalam keadaan penuh, pengidap maag tidak boleh tidur atau berolahraga. Bila ingin berolahraga, lakukan setidaknya satu jam setelah makan (bukan porsi besar). Sementara itu, tunggulah tiga jam setelah makan sebelum tidur.

Makanlah dengan Porsi Kecil

Sebaiknya makanlah dalam porsi kecil, secara perlahan, dan jangan berbaring setelah makan. Porsi besar membuat perut harus bekerja keras untuk mencerna makanan.

Kelola Stres dengan Baik

Kelola stres dengan baik, misalnya dengan berlatih teknik relaksasi. Latihan teratur dan teknik relaksasi antara pikiran dan tubuh dipercaya membantu untuk mengurangi penyakit maag kambuh.

Hindari Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah besar terbukti berkontribusi pada pengembangan bisul dalam lambung. Oleh sebab itu, pertahankan asupan alkohol seminimal mungkin.

Menghentikan Kebiasaan Merokok

Ternyata, perokok berat lebih mungkin untuk mengalami penyakit maag daripada yang bukan perokok. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Hindari Celana atau Pakaian Ketat

Cara mencegah penyakit maag kembali kambuh juga bisa melalui cara ini. Pasalnya, celana atau pakaian ketat bisa bisa menekan perut, dan membuat makanan naik ke kerongkongan.

Add a Comment