Konsumsi Makanan Ini Untuk Memelihara Bakteri Baik di Usus

makanan untuk bakteri baik di usus

PrimaBerita – Bakteri baik di usus memang perlu dijaga karena dapat memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Sebagian dari antaranya yaitu untuk memecahkan makanan lalu mengubahnya menjadi energi. Selain itu bakteri baik juga berperan dalam melawan bakteri jahat hingga memberikan respons imun untuk melawan patogen yang masuk ke usus.

Bakteri baik juga sering disebut dengan istilah probiotik. Terdapat 2 jenis bakteri baik dalam usus yaitu laktobasilus dan bakteri bifidobakterium. Laktobasilus merupakan kelompok bakteri bermanfaat yang paling umum untuk mengatasi kesulitan dalam mencerna laktosa. Sedangkan bifidobakterium sering ada dalam produk susu yang berfungsi untuk meringankan gejala sindrom iritasi usus dan beberapa gangguan lainnya terkait sistem percernaan manusia. Lalu adakah makanan yang bagus untuk memelihara bakteri baik?

4 Makanan Untuk Memelihara Bakteri Baik di Usus

Agar fungsi bakteri baik dapat berjalan optimal maka bakteri-bakteri baik pada saluran pencernaan harus terpelihara dengan tepat. Seperti lansiran Harper’s Bazaar caranya bisa dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan, antara lain:

Cokelat Hitam

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung polifenol yang bermanfaat bagi usus. Semakin tinggi presentase kakao dari cokelat hitam maka semakin efektif pula manfaatnya untuk kesehatan usus. Jadi sebaiknya pilih cokelat hitam dengan presentase kakao minimal 70%.

Oat Utuh

Oat utuh dapat menjadi sumber makanan pilihan saat memelihara bakteri-bakteri baik. Pasalnya sumber karbohidrat kompleks ini memang terkenal juga untuk membantu menjaga kesehatan usus. Mengonsumsi oat utuh sama dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang berkaitan dengan penurunan inflamasi usus.

Kacang Legum

Jenis kacang legum juga cocok untuk anda konsumsi untuk memelihara bakteri baik pada usus. Beberapa yang boleh anda konsumsi yakni berupa kacang merah, kacang polong, kacang hitam, lentil, maupun kacang tanah.

Flaxseed

Flaxseed merupakan makanan berukuran mini yang bermanfaat untuk kesehatan usus. Ini bisa karena flaxseed mengandung omega-3 yang cukup tinggi. Namun penting meminum air putih dalam jumlah banyak saat memakan flaxseed. Sebab flaxseed membutuhkan air putih untuk bisa bekerja dengan baik.

Add a Comment