Jangan Makan Makanan Ini Saat Anda Sedang Flu

Makan Makanan saat Flu

PrimaBeritaMakanan yang sehat akan membantu proses pemulihan tubuh jika anda sedang sakit. Umumnya deman dan flu adalah penyakit yang sering menghampiri orang. Untuk itu, perhatikan pola makanan anda jangan makan makanan sembarang apalagi saat anda sedang flu.

Tubuh memang memerlukan nutrisi dan menjaga fungsi tubuh dengan baik namun bukan berarti beragam makanan bisa anda konsumsi. Makanan yang akan anda konsumsi harus tepat.

Karena salah pilih makanan malah bisa membuat gejala yang anda rasakan memburuk. Apa saja makanan yang perlu anda hindari saat diserang pada situasi tertentu, misalnya flu.

Berikut Makanan yang jangan Anda makan saat Sedang Flu :

Donat

Dalam Nutrition Journal tahun 2014, makanan manis seperti donat bisa bikin gejala flu semakin parah. Makanan seperti ini bisa menyebabkan peradangan pada perut dan tenggorokan.

Tak hanya itu, kandungan gula yang tinggi justru malah akan menekan sistem kekebalan tubuh. Kadar gula darah yang tinggi juga dapat menghambat kinerja sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi.

Maka dari itu, konsumsi donat atau makanan tinggi gula lainnya tidak boleh saat anda sedang flu.

Stroberi

Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Clinical and Translational Allergy tahun 2015, stroberi mengandung histamin yang tinggi.

Kandungan histamin berpotensi menyumbat saluran pernapasan, sehingga akan menyebabkan ketidaknyamanan pada hidung. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengonsumsinya untuk sementara waktu.

Keju

Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Food Research Institute and Department of Bacteriology University of Wisconsin tahun 1973 menyatakan bahwa keju dan produk olahan susu lainnya yang tinggi lemak dapat memicu peradangan.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari dulu keju dan produk olahan susu lainnya untuk sementara waktu. Ini anda perlukan agar gejalanya tidak makin parah.

Gorengan

Makanan yang satu ini berminyak serta berlemak, yang jika anda konsumsi malah akan menghambat proses pencernaan.

Makanan yang satu ini butuh waktu yang lama untuk anda cerna. Selain itu, kandungan minyak dalam gorengan berpotensi membuat suara jadi serak atau malah mengalami sakit tenggorokan.

Makanan pedas

Merujuk pada hasil penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2016, makanan pedas berpotensi untuk menyebabkan iritasi pada saluran hidung. Penyebabnya adalah kandungan kapsaisin yang terkandung dalam cabai.

Senyawa kapsaisin ini bisa meningkatkan produksi lendir jadi lebih banyak. Selain itu, makan makanan pedas saat flu juga bisa membuat anda berisiko mengalami iritasi tenggorokan dan pencernaan.

Add a Comment