Jangan Abaikan ! Ketahui Alat Keselamatan dalam Penerbangan

PrimaBerita – Kecelakaan yang menimpa pesawat Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak pada 9 Januari 2021 menorehkan duka yang mendalam. Ada baiknya anda mengetahui alat keselamatan dalam penerbangan agar anda dapat selamat saat pesawat mengalami gangguan.

Awak kabin akan senantiasa memperagakan mengenai cara menyelamatkan diri saat dalam penerbangan. Hal itu mereka lakukan untuk menjaga keselamatan anda saat pesawat sedang tidak dalam keadaan baik.

Ada berbagai macam gangguan yang bisa terjadi dalam pesawat. Mulai dari teknis, human error, sampai terorisme.

Berikut Alat Keselamatan dalam Penerbangan yang perlu anda ketahui :

 Safety Belt atau sabuk pengaman

Sabuk ini melindungi badan anda jika terjadi goncangan. Sabuk pengaman ini sendiri terbagi dalam dua jenis : khusus untuk anak-anak dan dewasa. Anda harus memakai sabuk pengaman ketika lampu yang anda pakai sebagai pemberi tanda pemakaian sabuk pengaman menyala. Anda juga harus memastikan dapat memasang dan melepas sabuk pengaman secara cepat. Karena bila terjadi hal darurat anda tidak akan cemas karena kesulitan membuka atau memasang sabuk.

 Oxygen Mask atau Masker Oksigen

Tekanan udara yang ada dalam kabin pesawat itu beda dengan tekanan ruangan biasanya. Pesawat memiliki suatu sistem yang akan mengatur tekanan udara dalamnya hingga tidak lebih dari batas yang sudah ada ketentuannya. Setiap maskapai menyediakan masker oksigen. Masker oksigen ini akan otomatis keluar bila tekanan udara dalam pesawat lebih dari batas yang sudah ditentukan.

Bila hal itu terjadi, yang perlu anda kerjakan yaitu menarik masker oksigen itu dan langsung memakainya. Ingat, anda harus dapat memasangnya kurang dari limabelas detik, bila tidak anda bisa pingsan.

 Life Vest atau Pakaian Pelampung

Pakaian pelampung biasanya ada tepatdi bawah kursi atau tempat duduk. Perhatikan awak kabin yang menjelaskan bagaimana caranya memakai pakaian pelampung itu. Namun yang paling penting yaitu anda harus benar-benar mengecek apakah pakaian pelampung itu benar-benar ada.

Bila pesawat terendam dalam air, lampu dengan otomatis akan menyala. Itu berarti anda harus mempersiapkan pakaian pelampung yang sudah tersedia. Tetapi jangan mengembungkan pakaian pelampung dalam kabin pesawat karena akan menyulitkan saat evakuasi. Kembungkan pelampung bila sudah mendekati pintu darurat.

 Safety Information Card atau Kartu Keselamatan

Kartu ini adalah tutorial keselamatan penerbangan. Dengan kartu ini anda akan lebih mudah mengerti demo keselamatan yang telah  awak kabin peragakan.

Kartu ini akan mengingatkan anda dengan demo yang sudah diperagakan. Letaknya di kantung kursi dihadapan anda.

Jalur, Pintu Evakuasi dan Rakit Keselamatan

Setiap pesawat memiliki pintu darurat dan rakit keselamatan. Awak kabin juga akan menerangkan pada anda arah pintu darurat dan letak rakit keselamatan.

Nantinya, anda akan diarahkan ke jalur evakuasinya. Yang perlu anda kerjakan yaitu menghitung berapakah jarak pasti pada kursi dengan pintu darurat. Hitunglah berapakah bangku yang harusnya harus anda lalui karena dalam kondisi darurat mungkin saja suasana akan gelap.

Bila pesawat mengeluarkan asap, yang perlu Anda kerjakan menunduk di lantai pesawat dan ikuti lampu yang ada di lantai untuk menuju pintu darurat. Perlu anda ketahui, bahwa pintu darurat pesawat sangat berat. Cara terbaik untuk membukanya yaitu dengan menyandarkan tubuh ke pintu darurat agar pintu lebih mudah terbuka dengan dorongan tangan dan badan.

Add a Comment