Ini 7 Hal Yang Memicu Penyakit Stroke di Usia Muda

Penyakit Stroke Usia Muda

PrimaBerita – Munculnya penyakit pada usia muda biasanya karena menjalani pola hidup yang tidak sehat dna karen adanya penyakit tertentu misalnya darah tinggi pada orangtua. Namun pernyakit stroke pada usia muda ada berbagai faktor yang  bisa memicunya.

Stroke adalah salah satu penyakit berbahaya yang tidak jarang menyebabkan kematian. Risiko penyakit ini semakin meningkat seiring bertambahnya usia, namun hal ini bukan berarti stroke hanya menyerang orangtua saja.

Penyebab stroke pada orangtua karena aterosklerosis, yaitu plak sarat kolesterol yang mengeras pada arteri dan menghambat aliran darah.

Menurut Andrew Russman, ahli saraf dan direktur medis dari Comprehensive Stroke Center, Klinik Cleveland, Ohio. Ada masalah jantung tertentu yang tampaknya dapat menjadi penyebab stroke pada orang muda, namun tidak menjadi masalah pada orang yang lebih tua.

Berikut 7 Hal Yang Memicu Penyakit Stroke di Usia Muda

1.Patent Foramen Ovale

Sekitar 1 dari 4 orang terlahir dengan memiliki lubang kecil pada dua atrium jantung. Namun kondisi tersebut biasanya tidak diskrining, sehingga kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka memilikinya.

2.Diseksi Arteri

Sebanyak 25 persen kasus stroke penyebabnya adalah pembuluh darah pada leher. Menurut Russman, hal itu bisa terjadi karena sejumlah alasan, termasuk trauma terkait olahraga.

Pembuluh darah terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan dalam sel yang tipis, lapisan otot dan lapisan berserat. Lapisan permukaan yang tipis bisa robek, lalu darah bisa masuk ke dinding pembuluh tersebut. Hal ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan bisa menjadi penyebab stroke.

Menurut Cleveland Clinic, gejalanya meliputi:

  • Sakit kepala.
  • Rasa nyeri pada leher dan wajah, terutama di sekitar mata.
  • Penglihatan ganda atau kelopak mata yang terkulai.
  • Penurunan indra perasa secara tiba-tiba.

3.Gangguan Pembekuan

Beberapa kondisi termasuk penyakit anemia sel sabit dapat menyebabkan darah membentuk gumpalan yang bisa berubah menjadi bekuan darah dan menyebabkan stroke pada orang muda. Seringnya, stroke adalah indikasi pertama pada orang yang mengalami gangguan pembekuan darah.

4.Penyalahgunaan Zat

Secara khusus, penggunaan kokain akan menyempitkan pembuluh darah sambil meningkatkan penggumpalan sel darah yang menyebabkan pembekuan. Itulah cara obat-obatan berkontribusi terhadap stroke pada orang muda.

Karena itu, menghindari penggunaan narkoba dan konsumsi alkohol dalam jumlah banyak sangat penting untuk mengurangi risiko kamu terkena stroke pada usia berapapun.

5.Obesitas

Obesitas meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, tekanan kolesterol dan diabetes, yang merupakan faktor risiko stroke pada usia berapa pun.

Jadi, usahakan untuk menjaga berat badan ideal dengan menerapkan pola makan yang sehat dan aktif bergerak, serta berolahraga secara rutin.

6.Asupan Garam yang Tinggi

Meskipun mengonsumsi makanan yang sehat, segar, dan tidak terolah, serta tidak mengonsumsi minuman manis dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, tapi membatasi asupan garam juga tidak kalah penting.

Jika anda cenderung mengalami tekanan darah tinggi, mengonsumsi banyak garam dapat membuat anda kesulitan mengontrol tekanan darah tinggi, yang merupakan penyebab utama stroke.

Sebaiknya, batasi konsumsi makanan siap saji dan fast food yang terkenal akan kandungan natriumnya yang tinggi, serta hindari memberi tambahan garam pada tiap makanan yang anda konsumsi.

7.Merokok

Menurut para peneliti, meskipun berhenti merokok adalah gol yang harus tercapai, namun mengurangi rokok saja sudah bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan risiko stroke pada pria yang berusia 50 tahun kebawah.

Add a Comment