Hentikan Kebiasaan Ini Karena Bisa Jadi Penyebab Perut Buncit

Penyebab Perut Buncit

PrimaBerita – Penyebab perut buncit bisa disebabkan oleh banyak hal, terlebih ketika seseorang malas berolahraga. Ketika dibiarkan secara terus menerus maka bisa jadi salah satu faktor resiko munculnya berbagai penyakit seperti diabetes hingga masalah kardiovaskular. Tentu saja anda tidak mengharapkan berbagai penyakit datang silih berganti.

Perut buncit terkenal juga dengan nama klinis obesitas abdominal, yang mana lemak abdominal telah berkumpul secara berlebih pada area abdomen. Adapun obesitas abdomen ini sebenarnya tidak hanya muncul pada orang tua maupun penderita kegemukan. Yang menjadi penyebab perut buncit bisa terlihat dari berbagai kebiasaan berikut, antara lain:

Ketika asupan kalori tidak sebanding dengan aktivitas fisik maka dapat terjadi penumpukan sumber energi, yakni lemak. Sementara itu lemak juga bisa bersarang pada area perut. Maka sebaiknya jangan lupakan aktivitas olahraga karena anda akan menuai banyak manfaat.

  • Stres

Stres dapat terjadi kapanpun. Tapi kemungkinannya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Dengan demikian sebaiknya kelola stres dengan baik.

  • Minum Alkohol dan Kebiasaan Merokok

Kebanyakan minum alkohol ternyata berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah perut buncit. Begitu juga dengan kebiasaan merokok. Meski tidak ada kaitan langsung antara rokok dengan obesitas tetapi cukup banyak pula penelitian-penelitian yang menyebut rokok sebagai faktor resiko obesitas. Seorang perokok rentan beresiko kegemukan pada area perut.

  • Kurang Tidur

Journal of Clinical Sleep Medicine mengaitkan antara durasi tidur dengan berat badan. Hasilnya kualitas durasi tidur berperan dalam mengontrol lemak dalam tubuh. Nah bila anda mengalami kebuncitan maka bisa jadi penyebabnya karena anda kurang tidur.

  • Faktor Genetik

Faktor lainnya yang memicu perut buncit adalah karena faktor genetik. Ada sejumlah bukti ilmiah bahwa gen berperan dalam peningkatan obesitas.

  • Diet yang Buruk

Seseorang yang terlalu banyak mengonsumsi gula ataupun makanan berlemak memiliki resiko lebih besar untuk memperoleh perut yang buncit. Oleh karena itu segera seimbangkan dengan perbanyak asupan serat.

Baca Selanjutnya: Mau Perut Tidak Sampai Buncit, Hindari 5 Jenis Makanan Ini

Add a Comment