Demi Kesehatan Lebih Baik, Ini Pilihan Olahraga Untuk Lansia

olahraga untuk lansia

PrimaBerita – Untuk kesehatan yang lebih baik, seseorang yang sudah berusia lanjut atau lansia sebaiknya tetap memperhatikan asupan nutrisi, alangkah bagusnya lagi bila dibarengi dengan olahraga. Akan tetapi perlu juga memperhatikan jenis olahraga yang cocok untuk lansia.

Para lansia sebenarnya dianjurkan rutin melakukan aktivitas. Sebab secara umum terdapat berbagai manfaat untuk kesehatan. Inilah yang seringkali tidak disadari oleh sebagian besar lansia karena mereka lebih banyak menghabiskan waktunya hanya duduk bersantai. Padahal kurang bergerak atau jarang berolahraga dapat meningkatkan berbagai macam masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan tersebut antara lain nyeri sendi, darah tinggi, hingga pikun. Sebab itu penting sekali menjaga hidup sehat.

Pilihan Olahraga Untuk Lansia

  • Berjalan

Berjalan santai sebenarnya menjadi salah satu aktivitas fisik yang dapat menambah stamina dan menguatkan jantung. Selain itu rutin berjalan dapat pula membakar kalori berlebih. Nah supaya tetap bugar, para lansia tidak perlu berjalan terlalu jauh. Tapi lakukan saja berjalan santai secara rutin pada area sekitar rumah.

  • Berdansa

Melakukan gerakan dansa sambil beriringkan lagu kesukaan tentu menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk lansia lakukan. Berdansa juga merupakan olahraga yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan sebab lansia bisa melakukannya di dalam rumah. Manfaatnya tak lain untuk menjaga kebugaran tubuh serta menyeimbangkan tubuh.

  • Pilates

Pernahkah anda mendengar olahraga pilates? Jenis olahraga yang satu ini memang banyak sekali dilakukan oleh anak muda akan tetapi sebetulnya siapapun bisa melakukannya, termasuk orangtua lansia. Karena sekarang ini kelas pilates juga menyediakan program latihan khusus bagi kategori usia lanjut. Tapi sebelum bergabung ke kelas pilates terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Adapun olahraga pilates berguna untuk meningkatkan keseimbangan dan melatih kekuatan otot tubuh.

  • Bersepeda

Jika lansia memilih untuk bersepeda maka manfaatnya akan baik untuk meningkatkan kekuatan tulang serta sendi. Kemudian saat bersepeda sebaiknya selalu gunakan pelindung seperti helm maupun pelindung lutut guna mencegah terjadinya cedera. Atur juga sadel serta pegangan yang sesuai dengan postur tubuh.

  • Yoga

Yoga bertujuan untuk melatih kefokusan lansia serta menjaga keseimbangan pernafasan. Bahkan tak hanya bagus untuk fisik melainkan bagus pula untuk kesehatan mental. Stres yang muncul pada lansia bisa teratasi dengan baik.

  • Tai Chi

Olahraga yang berasal dari Tiongkok ini sekilas hampir mirip dengan senam biasa. Hanya saja pada olahraga tai chi memiliki ritme yang lebih lambat. Jika lansia rutin melakukannya maka baik untuk meningkatkan kelenturan serta kekuatan tubuh.

Add a Comment