Daftar Superfood yang Baik Untuk Kesehatan

superfood untuk kesehatan

PrimaBerita – Istilah superfood digunakan untuk makanan sehat dan unggul yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Kelompok makanan ini terbukti dapat menurangi resiko munculnya penyakit kronis. Oleh karena itulah jangan pernah melewatkan konsumsi superfood.

Pun demikian superfood sebenarnya tidak secara gamblang bisa mencukupi semua kebutuhan nutrisi sehari-hari. Karena pada dasarnya tidak ada satupun bahan makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Jadi orang-orang harus mengombinasikannya dengan makanan lain. Nah bagi anda yang penasaran apa saja yang termasuk ke dalam menu superfood, simaklah daftar berikut.

Daftar Superfood Untuk Kesehatan

  • Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Tak perlu anda ragukan lagi bahwa sayuran berdaun hijau gelap adalah makanan yang padat nutrisi. Misalnya kale, bayam, pakcoy, sawi, dsb. Saat anda rutin mengonsumsinya, maka berbagai kebutuhan nutrisi bisa anda dapatkan, seperti kalsium, zinc, zat besi, folat, vitamin C, serta antioksidan.

  • Buah Alpukat

Buah alpukat sangat mudah kita temukan di pasar buah dan menjadi hidangan superfood. Sebab kandungannya mampu mengurangi peradangan dalam tubuh dan menjaga kesehatan lainnya seperti dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

  • Telur

Telur tak hanya memiliki kandungan nutrisi protein saja melainkan vitamin, kolin, selenium, fosfor, dan zat besi juga terdapat pada telur. Sehingga penting sebenarnya untuk mengonsumsi telur. Meski kabaranya makanan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol darah akan tetapi penelitian terbaru membuktikan bahwa mengonsumsi 1 buah telur per hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

  • Ikan

Ikan sama dengan telur dan sayuran berwarna hijau yang termasuk ke dalam kelompok superfood. Beberapa jenis ikan yang sangat kaya akan omega-3 yaitu ikan salmon, tuna, herring, ikan sarden, serta makarel.

  • Kacang & Biji-bijian

Cobalah ganti camilan anda dengan makanan yang lebih sehat seperti kacang almond, pistachio, mete, kenari, pecan, atau biji bunga matahari. Karena meski berukuran kecil akan tetapi makanan seperti termasuk sebagai makanan superfood.

  • Ubi

Siapa sangka ternyata ubi juga termasuk ke dalam makanan superfood karena kaya akan berbagai nutrisi. Pada ubi terdapat kalium, serat, vitamin A dan C, serta kandungan antioksidan. Nutrisi tersebut mampu melindungi tubuh dari resiko penyakit kanker.

Add a Comment