Cara Menjaga Kesehatan Tulang Bagi Lansia

kesehatan tulang lansia

PrimaBerita – Masalah kesehatan tulang memang kerap terjadi pada usia lanjut atau lansia. Sebab seiring bertambahnya usia, tulang menjadi lebih tipis serta kepadatannya pun mulai menghilang. Oleh karena kondisi ini jugalah yang membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap cedera saat sudah memasuki usia lanjut.

Pun demikian, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat orangtua lakukan untuk menjaga kesehatan tulang.

5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Bagi Lansia

  • Perbanyak Asupan Sayuran

Asupan sayuran sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, termasuk menjaga tulang. Pasalnya sayuran sumber vitamin C dapat merangsang produksi sel pembentuk tulang. Selain itu banyak riset membuktikan bahwa mengonsumsi sayuran juga bisa membantu proses mineralisasi tulang.

  • Rutin Mengonsumsi Vitamin D

Untuk orang dewasa perlu 1.000 hingga 2.000 IU vitamin D setiap hari demi membantu penyerapan kalsium. Maka dengan demikian selain memperbanyak konsumsi sayuran maka orang dewasa juga perlu mengasup sumber vitamin D harian.

  • Melakukan Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan juga begitu penting untuk dilakukan oleh lansia supaya terhindar dari masalah kesehatan tulang. Apalagi bagi mereka yang menderita defisiensi ekstremitas sendi bawah. Misalnya radang sendi lutut atau pinggul yang dapat membatasi kemampuan seseorang untuk melakukan latihan menahan beban. Oleh karena itu seseorang dapat melakukan aktivitas olahraga seperti mengangkat beban berbobot lebih ringan dengan repetisi tinggi. Hal ini guna membentuk kesehatan tulang melalui latihan kekuatan.

  • Uji Kepadatan Mineral Tulang

Anda bisa melakukannya melalui test X-Ray sederhana atau DXA. Adapun test ini akan mengukur kepadatan mineral tulang untuk membantu resiko osteoporosis serta patah tulang. Bagi wanita, setidaknya melakukan setiap 2 tahun sekali katika sudah

  • Menghindari Gaya Hidup yang Kurang Sehat

Menghindari gaya hidup yang kurang sehat seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol ternyata bisa membantu lansia menjaga kesehatan tulangnya. Menurut penuturan ahli fisiologi olahraga, Christoper Travers mengonsumsi alkohol dan merokok dapat mengakibatkan hilangnya kepadatan mineral tulang.

Baca Selanjutnya: Makanan yang Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Lansia

Add a Comment