Cara Membuat Risotto Ayam Sayuran

Risotto Ayam Sayuran

PrimaBerita – Bagi pecinta kuliner Italia, risotto ayam sayuran adalah sebuah makanan yang sudah tidak asing lagi kedengarannya bagi telinga. Makanan ini mudah dibuat dan rasanya pun sangat lezat.

Secara umum, risotto ini terbuat dari bahan dasar seperti beras arborio yang mana beras akan tercampur dengan kaldu saat proses memasak. Sehingga olahan beras tersebut menjadi nasi yang berasa nikmat dan lembut. Agar tidak penasaran, langsung saja simak resep risotto ayam sayuran berikut ini.

Resep Risotto Ayam Sayuran

Untuk membuat dua porsi risotto diperlukan bahan-bahan seperti:

BAHAN UTAMA

  1. 150 gram beras
  2. 5 buah buncis
  3. 1 buah wortel
  4. 2 potong daging ayam segar
  5. 50 gram keju

BAHAN UNTUK BUMBU RISOTO

  1. 1/2 bawang bombay (iris-iris berbentuk dadu kecil)
  2. 1 siung bawang putih cincang
  3. Daun seledri seperlunya
  4. Garam secukupnya
  5. Merica seperlunya
  6. 600 ml air kaldu ayam
  7. Minyak goreng seperlunya

Lihat Juga: Cara Memasak Empal Daging Serundeng Kelapa

Cara Membuat Olahan Risotto Ayam Sayuran

a. Bersihkan terlebih dahulu beras kemudian taruhlah beras risotto tersebut ke dalam sebuah wadah. Sisihkan sebentar. Jika sudah, maka hal selanjutnya yaitu membersihkan daging ayam.

b. Potong-potong sayur buncis kira-kira seukuran 1 cm dan wortel potong berbentuk dadu kecil setelah bagian luar wortel bersih. Taruh sayuran ini ke dalam sebuah wadah dan sisihkan sejenak. Lalu siapkan parutan keju lalu parutlah keju ke dalam wadah lainnya.

c. Bila bahan-bahan tersebut sudah bersih dan sudah anda potong maka rebuslah daging ayam anda. Angkat daging ayam setelah matang. Biarkan sebentar daging dan sesudah itu potong-potong berukuran kotak kecil.

d. Lantas panaskan minyak ke dalam wajan penggorengan untuk proses menumis bawang bombay bersama dengan bawang putih dan seledri. Tumis bawang tersebut hingga menghasilkan aroma sedap.

e. Jika sudah, tambahkan beras risotto ke dalamnya. Lakukan pengadukan secara merata hingga semuanya tercampur rata. Setelah itu tambahkan 3 sendok sayur kaldu ke dalam tumisan beras. Masak beras hingga menyerap kaldu. Beri bumbu seperti garam dan merica sesuai dengan selera. Aduk kembali hingga rata.

f. Cek apakah air kaldu telah menyusut. Apabila air kaldu sudah menyusut maka lakukan kembali penyendokan kaldu ke dalam beras secara perlahan dan berulang kali sampai kaldu benar-benar matang.

g. Langkah berikutnya yaitu setelah nasi matang maka masukkan daging ayam serta potongan buncis dan wortel. Aduk kembali sambil anda masak.

h. Hidangkan selagi masih hangat.

Add a Comment