Belum Sah Secara Negara, Jane Shalimar Disebut Tak Perlu Gugat Cerai Ke Pengadilan Agama

jane shalimar cerai

PrimaBerita – Biduk rumah tangga artis peran Jane Shalimar tengah bermasalah dan disebut tak perlu gugat cerai ke pengadilan agama lantaran belum terdaftar secara negara. Namun berdasarkan informasi, melalui perwakilan kuasa hukumnya pada desember lalu, Jane bakal mengajukan gugatan cerai ke pengadilan agama.

Usut punya usut ternyata beredar kabar bahwa pernikahan Jane Shalimar dan Arsya Wijaya belum terdaftar secara negara. Sehingga isu cerai Jane Shalimar dan suaminya tidak harus melewati proses pengadilan.

“Kalau secara agama,dibahasakan nikah siri. Kalau secara hukum nikah di bawah tangan. Secara administrasi tidak terdaftar. Kalau menurut saya diselesaikan secara kekeluargaan. Karena kalaudi pengadilan harus dbuktikan dengan buku nikah. Sementara pernikahan tidak tercatatdi KUA,” sebut Hamid Dulmajid selaku kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Teluk Jambe Timur, Jawa Barat.

Hamid mengatakan bila pernikahan Jane dan Arsya yang berlangsung belum lama ini tetap sah secara agama. Melansir dari Kompas, Jane Shalimar dan Cecep Adjat Sudrajat alias Arsya Wijaya melangsungkan pernikahan pada tanggal 20 februari 2020 lalu pada salah satu hotel daerah Karawang Jawa Barat. Dua sejoli inipun tidak melakukan pernikahan secara sembunyi-sembunyi. Mereka telah memenuhi syariah.

Baca: Rizki DA Talak Cerai Nadya Yang Hamil 4 Minggu?

“Secara agama pernikahan sah karena memenuhi hukum dan syarat. Namun secara administrasi hukum formal belum memiliki kekuatan,” katanya.

Kendati demikian, lebih lanjut secara agama Jane dan Arsya sudah tidak bisa terkatakan menjadi pasangan suami istri lagi. Pasalnya pihak suami telah memberikan talak tiga. Kalaupun ingin rujuk, Jane harus menikah terlebih dulu.

Hamid menambahkan bahwa menurutnya bila terjadi ikrar talak secara lisan maupun tulisan dan ada saksinya maka ikatan pernikahan sudah bubar.

“Menurut saya kalau sudah terjadi ikrar talak secara tulisan maupun lisan dan ada saksinya, itu sudah bubar ikatan pernikahan. Karena d!awali dengan agama,diakhiri dengan agama. Jadi tidak usah ke pengadilan, tidak perlu. Asalkan dia sudah memiliki catatan suaminya mengikrar talak,” beber Hamid Dulmajid.

Add a Comment