Begini Cara Menghadapi Sindiran Teman Tanpa Emosi

Cara Menghadapi Sindiran Teman

PrimaBerita – Memiliki seorang teman tidak melulu baik-baik saja. Pasti akan ada pertengkaran kecil atau sebuah konflik yang tiba-tiba muncul. Nah, anda bisa melakukan beberapa cara untuk menghadapi sindiran teman anda tanpa harus terpancing emosi.

Jika anda emosi, maka permasalahan tidak akan selesai, yang ada hanya akan semakin memanas dan menimbulkan rasa benci yang berlarut-larut sehingga hubungan pertemanan anda menjadi renggang.

Memang saat teman melontarkan sindiran yang menyakitkan hati tentu akan membuat anda marah.  Namun anda bisa menahannya dengan beberapa cara.

Berikut Cara Menghadapi Sindiran Teman Tanpa Emosi

1. Usahakan tetap mengontrol keadaan

Saat anda berada dalam keadaan yang kurang menyenangkan seperti mendapat sindiran dari teman, satu hal yang perlu anda lakukan adalah mengontrol keadaan. Jangan sampai anda ikut terpancing emosi.

Dengan marah anda tidak akan mendapat apa-apa, tetapi malah mempermalukan diri sendiri. Untuk apa anda menanggapi orang yang suka mencari masalah. Lebih baik anda tetap mengontrol keadaan. Apabila sudah mulai berlebihan menyindir, tegurlah dengan bijak.

2. Jadikan sindirannya menjadi bercanda

Membalas sindiran teman dengan sebuah komentar negatif, akan langsung buat suasana menjadi tidak nyaman. Baik itu untuk anda atau orang-orang yang di sekitar anda.

Nah, untuk menghadapi sindiran dari teman coba membalasnya dengan nada humor atau bercanda. Cara ini sangat ampuh untuk bisa menurunkan emosi anda dan mencairkan suasana.

3. Menjauh dari teman yang menyindir

Orang-orang yang suka menyindir itu sebenarnya ingin hidup anda tidak bahagia. Dengan begitu anda akan merasa sedih, kecewa, dan merasa bersalah. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali anda menunjukkan sikap yang memang sangat teman anda inginkan itu.

Jika memang anda sudah tidak nyaman, lebih baik menjauh dari orang-orang yang suka menyindir. Lanjutkan hidup dengan lebih bahagia, tanpa orang-orang yang justru mau merampas kebahagiaan anda.

4. Maafkan Teman anda

Menghadapi sindiran dari teman, akan membuat anda lebih terlatih untuk mengendalikan emosi. Ada saatnya anda harus lebih rendah hati, untuk memaafkan mereka yang sudah menyindir anda.

Maafkan tentang semua yang sudah mereka katakan dan lakukan. Intinya, jangan membalas mereka dengan kejahatan. Dan beri maaf dengan tulus kepada mereka. Itu yang membuat anda menjadi sosok yang sangat berbeda dari mereka.

5. Melakukan evaluasi diri

Dari sindiran teman-teman, anda juga bisa menjadikan hal itu sebagai suatu bentuk evaluasi dalam diri. Karena pada umumnya, sindiran biasanya berupa ungkapan dari kekurangan seseorang. Ketika mereka berusaha menyindir kekurangan anda, usahakan kekurangan tersebut anda jadikan evaluasi.

Apa yang buruk, segera ubah dan buang. Dengan begitu, sindiran dari teman bisa membuat anda semakin menjadi pribadi yang lebih baik.

Add a Comment