Begini Cara Mencegah Nyeri pada Persendian

cara mencegah nyeri persendian

PrimaBerita – Tidak sedikit orang yang mengabaikan kesehatan persendiannya, saat keluhan muncul maka akan sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan persendian. Beberapa cara bisa anda lakukan untuk mencegah nyeri pada persendian.

Ahli kesehatan olahraga, Dominic King mengatakan bahwa pencegahan adalah langkah terbaik untuk mengatasi rasa nyeri pada persendian. Merawat kesehatan sendi sejak dini bisa membantu mencegah masalah persendian.

Usia memang jadi salah satu faktor risiko keluhan pada area sendi. Selain usia, ada beberapa faktor lain yang berpengaruh.

Mengutip berbagai sumber, berikut Cara Mencegah Nyeri pada Persendian :

Berhenti merokok

Kebiasaan merokok hampir selalu masuk jadi faktor risiko untuk berbagai macam penyakit, termasuk persendian.

Menghentikan kebiasaan merokok memang bukan persoalan mudah. Namun, yang perlu Anda ingat, berhenti 8 jam saja, kadar karbon monoksida dalam darah akan kembali normal dan kadar oksigen meningkat.

Terus bergerak

Bergerak adalah hal yang wajib bagi semua orang, namun banyak orang yang takut sendi akan terasa semakin sakit saat bergerak.

Perlu anda ketahui, tubuh tercipta untuk bergerak dan sendi akan mengakomodir kebutuhan tersebut. Mengutip dari Very Well Health, terus bergerak akan mengurangi kekakuan sendi, mengurangi rasa sakit, dan menguatkan otot-otot sekitar sendi.

Jangan minum Minuman berenergi dan soda

Penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, tidak semua jenis minuman bakal memenuhi kebutuhan ini. Rutinlah meminum air putih, Air putih memang paling baik untuk menghidrasi sendi dan jantung.

80 persen tulang rawan terdiri dari air. Tulang rawan merupakan jaringan penghubung yang melapisi sendi. Jika Anda tidak cukup terhidrasi, tubuh akan menyerap air dari tulang rawan yang pada akhirnya bakal merusak sendi.

Bijak mengenakan sepatu hak tinggi

Bagi wanita, sepatu hak tinggi memang bisa mendatangkan rasa percaya diri. Namun, pemakaian sepatu hak tinggi bisa mendatangkan malapetaka untuk sendi.

Mengutip laman Arthritis Foundation, ahli menyebut hak sepatu 3 inch (7,6 cm) akan memberikan tekanan buat kaki 7 kali lebih besar daripada sepatu dengan hak setinggi 1 inch (2,5 cm). Dengan kata lain, hak sepatu bakal memberikan tekanan ekstra buat lutut dan memperbesar risiko osteoarthritis.

Atur berat badan

Tanpa Anda sadari, kelebihan dan kekurangan berat badan akan memberikan lebih banyak tekanan pada sendi. Sendi didesain untuk menopang sejumlah beban tertentu.

Jika Anda kelebihan berat badan, setiap tambahan 10 pon (4,5 kilogram) yang Anda bawa menambahkan 20-39 pon (9-17,6 kilogram) gaya ke tiap lutut.

Jika Anda kekurangan berat badan, Anda kekurangan massa otot untuk menjaga persendian Anda tetap kuat dan stabil.

Berat badan ideal bisa dicapai dengan diet sehat dan seimbang, yang dilengkapi dengan olahraga teratur. King merekomendasikan olahraga seperti sepeda, pilates, renang, jalan pada treadmill, juga yoga.

Add a Comment