5 Sayuran Penambah Darah, Efektif Perbanyak Hemoglobin

sayuran penambah darah

PrimaBerita – Selain mengonsumsi obat, mengonsumsi sayuran penambah darah cocok bagi orang yang mudah lelah, pusing, nyeri dada, atau orang yang cepat mengantuk setelah makan. Karena bila mengalaminya bisa jadi anda sedang anemia.

Anemia artinya kekurangan darah. Dimana kondisi ini mengindikasikan keadaan saat jumlah sel darah merah (hemoglobin) berada di bawah normal. Oleh sebab itu daripada terburu-buru mengonsumsi obat lebih baik anda rutin mengonsumsi sayuran yang mengandung nutrisi untuk penambah darah.

Jenis-jenis Sayuran yang Efektif Sebagai Penambah Darah

1. Brokoli

sayuran penambah darah

Penderita anemia sangat cocok mengonsumsi sayuran berwarna pekat seperti brokoli. Sebab kandungan asam folat brokoli sangatlah tinggi dan termasuk sebagai penambah darah yang cukup mumpuni. Anda bisa menikmati sayur brokoli rebus ataupun jus brokoli. Bila kurang suka, cobalah membuat olahan brokoli tepung crispy atau kreasikan dengan keju melted dan daging ayam.

2. Buncis

Jika kita konsumsi secara teratur, maka sayur buncis dapat mendukung metabolisme dalam tubuh. Bahkan buncis menjadi salah satu jenis sayuran penambah darah paling cepat. Kandungannya kaya akan mineral serta vitamin C yang mampu mendukung penyerapan zat besi dengan baik.

3. Kentang

Sebenarnya seluruh bagian kentang memiliki manfaat, termasuk kulit kentang sekalipun. Dan kandungan zat besi kentang bisa memproduksi sel darah merah bagi pengidap anemia. Ketika anda mengonsumsi satu kentang itu sudah memenuhi sekitar 18% kebutuhan zat besi harian. Agar lebih menikmati manfaat kentang, anda bisa mengolahnya dengan cara merebus atau memanggang kentang. Namun anda juga bisa menjadikannya sebagai mashed potato. Atau hindari memasak kentang dengan minyak.

4. Sawi

sayuran penambah darah

Sayuran yang kaya akan vitamin A ini juga bagus untuk membantu pembentukan sel darah merah bagi tubuh manusia. Sehingga pastinya aman untuk dikonsumsi penderita anemia. Agar memperoleh hasil yang maksimal, anda bisa memilih sayur sawi hijau untuk anda olah sebagai sajian lezat.

5. Daun Katuk

Daun katuk terkenal sebagai sayuran penambah darah bagi ibu hamil serta dapat melancarkan ASI. Maka penting bagi ibu yang sedang menyusui untuk mengonsumsi daun katuk secara rutin dan porsi pas. Sebab meski daun katuk mengandung vitamin dan juga zat besi, akan tetapi mengonsumsi secara berlebihan mampu mengakibatkan keracunan akibat kandungan papaverinanya.

Baca Selanjutnya: Makanan Sehat Penambah Berat Badan, Konsumsi Sekarang

Add a Comment