5 Gejala Kebotakan yang Perlu Anda Ketahui

Gejala Kebotakan yang Perlu Anda Ketahui

PrimaBerita – Agar dapat mengantisipasi masalah rambut dengan baik anda perlu mengetahui apa saja gejala kebotakan. Kebotakan yang memiliki bahasa medis alopecia merupakan sebuah kondisi jumlah rambut mengalami kerontokan yang lebih banyak. Sehingga kondisi ini kerap membuat sejumlah orang takut serta tidak bisa tampil percaya diri.

Umumnya kondisi kepala plontos terjadi pada usia senja. Namun meski demikian, siapapun sebenarnya bisa mengalami kerontokan rambut, tak terkecuali perempuan. Untuk membantu anda mengetahui gejala kebotakan, simaklah beberapa hal berikut.

Gejala Kebotakan yang Perlu Anda Ketahui

Rambut Rusak

Rambut yang mudah patah atau rapuh merupakan salah satu gejala kebotakan yang paling umum terjadi. Akibatnya bila ini terjadi secara terus menerus maka seseorang bisa saja mengalami kebotakan.

Rambut Semakin Tipis

Pertumbuhan rambut bisa terjadi secara tidak merata, bahkan menyebabkan beberapa bagian rambut lebih lebat dari area kepala lainnya. Atau sebaliknya, sebagian area kepala mengalami pertumbuhan rambut yang sangat sedikit atau sangat tipis. Namun menipisnya rambut oleh kulit kepala serta akar rambut yang lemah dapat menjadi tanda kebotakan.

Kemunculan Pitak

Kemunculan pitak menjadi salah satu tanda kebotakan yang sering terabaikan. Mulanya lebar pitak ini sebesar koin namun lama-kelamaan bisa menjadi botak secara keseluruhan. Melansir dari IDN Times, penyebab terjadinya kondisi ini adalah karena sistem imun manusia telah menyerang tubuh. Walau demikian pada beberapa kasus rambut dapat tumbuh beberapa bulan kemudian.

Garis Rambut Berubah

Gejala kebotakan yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah perubahan garis rambut pada area sekitar pilipis. Saat ini terjadi maka anda bisa saja mengalami kebotakan dini. Anda bisa melihat garis rambut anda apakah semakin mundur ke belakang atau tidak. Bila garis rambut semakin mundur ke belakang hasilnya bisa berujung pada kebotakan.

Kerontokan Rambut Pada Puncak Kepala

Ini menjadi tanda gejala penipisan yang paling mudah untuk kita ketahui. Rontoknya rambut pada bagian puncak kepala dapat mengakibatkan kebotakan.

Baca Selanjutnya: Ini Obat Alami Untuk Redakan Sakit Kepala

Add a Comment