Yuk Simak Resep Membuat Selai Nanas!

resep selai nanas

PrimaBerita – Rasa selai nanas yang segar dan legit bisa bergantung kepada bagaimana resep pengolahannya. Bahkan jika cara membuat selai nanas tergolong baik maka selai bisa lebih awet atau tahan lama.

Selai nanas sejauh ini lebih sering sebagai isian kue maupun olesan roti tawar. Apalagi menjelang tahun baru, selai nanas cukup digemari oleh banyak orang. Oleh karena itu bila anda tertarik untuk membuat selai nanas, silahkan simak saja resep selai nanas berikut ini.

Resep Membuat Selai Nanas Praktis

1. Kebutuhan Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat selai nanas yaitu sebagai berikut:

  • 1 buah nanas segar
  • 5 cm kayu manis
  • 1/8 sdt garam
  • 150 gr gula pasir

2. Langkah-langkah Membuat Selai Nanas

a. Sediakan semua bahan yang diperlukan untuk membuat selai nanas. Setelah semua bahan sudah siap pakai maka kupaslah buah nanas hingga benar-benar bersih. Jangan lupa membuang mata atau titik-titik yang berwarna hitam pada daging buah nanas. Kemudian cuci nanas dengan air bersih.

b. Parut daging buah nanas. Jika nanas semuanya sudah terparut maka gunakan wajan dengan api sedang untuk memasak nanas. Aduk-aduk parutan buah nanas sembari memasak hingga airnya menyusut secara perlahan.

c. Sesudah itu tambahkan bahan lainnya yakni garam, gula pasir, dan kayu manis. Aduk kembali olahan selai nanas sampai selai mengering dan kesat.

d. Jika selai sudah terlihat mengering maka angkatlah selai dari dalam wajan. Setelah dingin simpan ke dalam wadah kedap udara.

Saat membuat selai nanas, sebaiknya ada beberapa hal atau tips yang perlu anda perhatikan antara lain sebagai berikut.

  1. Pilih buah nanas matang dan segar.
  2. Sebelum air nanas menyusut, jangan langsung menambahkan gula pasir. Karena hal ini dapat membuat olahan selai nanas menjadi kering lebih lama.
  3. Jika anda menggunakan selai nanas sebagai tambahan olesan roti maka ada baiknya memasak selai hingga setengah kering saja. Namun bila anda menggunakan selai nanas sebagai isian kue nastar maka masaklah selai hingga benar-benar kering.

Add a Comment