Tahapan Kampanye Pilkada 2020 Selesai Hari Ini

kampanye pilkada 2020

PrimaBerita – Tahapan kampanye pilkada tahun 2020 berakhir hari ini (5/12/2020) setelah menempuh masa kampanye sejak 26 september lalu. Selepas ini, masa tenang mulai akan berlangsung hingga sehari sebelum pilkada serentak, 9 desember 2020.

Pada masa tenang, seluruh kandidat calon kepala daerah beserta seluruh tim suksesnya dilarang menggelar kembali kampanye pilkada 2020. Para kandidat dapat menunggu hasil pemungutan suara pada 9 desember nanti.

Terkait pilkada serentak ini, presiden Jokowi telah menetapkan tanggal 9 desember sebagai hari libur, baik bagi daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah maupun tidak. Kemudian pada hari itu, oleh KPU jadwal pencoblosan dapat dilakukan masyarakat mulai pukul 07:00 WIB hingga pukul 13:00 WIB.

Sementara itu dalam proses pemungutan suara nanti, Komisi Pemilihan Umum akan menerapkan protokol kesehatan ketat bagi setiap petugas TPS serta para pemilih. Hal ini karena pandemi virus corona masih saja terjadi dan menimbulkan kasus.

Pun pada tempat pemungutan suara (TPS), benda-benda tertentu juga ada sebagai penunjang penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Mulai dari hand sanitizer, sarung tangan, alat pengukur suhu tubuh, tempat cuci tangan dan sabunnya, masker, face shield (perisai wajah), disinfektan, tong sampah, APD untuk KPPS hingga alat tetes tinta.

Hal lainnya, pembatasan jumlah pemilih pada setiap tempat pemungutan suara juga terbatas. Maksimalnya sebanyak 500 orang dari yang sebelumnya 800 orang. Usai pemilihan, petugas TPS akan melakukan proses penghitungan suara tingkat TPS. Setelah itu hasil rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara pemilihan walikota/bupati berlangsung pada 13 – 17 desember 2020. Sedangkan rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara untuk pemilihan gubernur berlangsung tanggal 16 – 20 desember 2020.

Adapun gelaran pilkada serentak kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pilkada kali ini tergelar saat masa pandemi virus corona. Yang mana covid-19 mulai merebak ke Indonesia sejak bulan maret lalu.

Guna mengantisipasi terjadinya kerumunan serta potensi penularan virus maka pihak KPU menetapkan berbagai protokol kesehatan dalam setiap tahapannya.

Add a Comment