Resep Dessert Berbahan Dasar Susu Kambing

Resep Dessert Berbahan Dasar Susu Kambing

PrimaBerita – Ada beberapa dessert yang bisa anda buat menggunakan susu kambing. Selain enak, susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang bagus bagi tubuh.

Oleh karena itu pnggunaan susu kambing untuk membuat kue tentu merupakan ide yang baik. Yuk langsung saja lihat resep membuat dessert berbahan dasar susu kambing.

Pot Susu Kambing de Creme

Makanan pendamping yang satu ini terbuat dari beberapa bahan seperti gula, krim kental, maupun susu kambing. Agar tidak penasaran, lihat saja resepnya.

Bahan-bahan membuat pot susu kambing de creme.

  • 1,5 cangkir susu kambing
  • 2 kacang vanili
  • 1/2 cangkir krim kental
  • 1/2 gelas gula
  • 6 butir kuning telur

Cara membuat dessert ini yaitu sebagai berikut.

  1. Masak terlebih dahulu susu dan krim lalu buka kacang vanila. Biji vanila masukkan ke dalam panci beserta polong kemudian rebus sampai mendidih. Untuk merebus ini gunakan saja api besar. Tunggu hingga setengah jam.
  2. Jika sudah setengah jam maka ambil polong kacang vanila. Panaskan juga oven dengan suhu 165 derajat.
  3. Aduklah gula beserta kuning telur menggunakan mikser selama 3 manit atau sampai bahan terlihat merata. Lalu tambahkan juga susu hangat secara perlahan.
  4. Setelah itu saring campuran tersebut dan biarkan selama 20 menit, ambillah busa pada bagian atasnya. Tuang campuran dalam 6 ramekin dengan rata. Letakkan ramekin tersebut pada roasting pan.
  5. Tuang air hingga menyelimuti setengah ramekin tetapi tutup dengan aluminium foil. Pangganglah adonan selama setengah jam. Bila sudah matang maka ambil ramekin dan dinginkan setidaknya selama 4 jam.

Puding Susu Kambing Kurma Madu

Selain pot susu kambing de creme, jenis dessert lainnya yang bisa anda buat yaitu puding susu kambing kurma madu dengan bahan dan langkah sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus nutrijel plain
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 5 sdm madu
  • 3 sdm cokelat leleh
  • 2 sachet susu kambing
  • 1,2 liter air bersih

Langkah Membuat Puding Susu Kambing

  1. Campurkan nutrijel plain bersama agar-agar plain ke dalam panci lalu larutkan susu kambing ke dalam 900 ml air. Tuanglah ke dalam panci. Sisa 300 ml air gunakan untuk membuat puding berwarna cokelat.
  2. Kemudian aduk hingga mendidih menggunakan api kecil. Ketika sudah muncul semacam letupan kecil maka tambahkanlah madu ke dalamnya. Matikan kompor setelah mendidih.
  3. Tuang ke dalam loyang hanya sekitar 2/3 bagian saja. Rendam loyang ke dalam wadah yang cukup besar dan berisi air es. Ini demi mencepat proses pembekuan.
  4. Panaskan kembali sisa puding pada kompor, lakukan hal ini sambil aduk. Sementara itu larutkan juga cokelat masak ke dalam 300 ml air. Tuanglah ke dalam adonan puding yang sedang dipanaskan.
  5. Usai mendidih maka tuang adonan ke dalam loyang puding. Biarkan sebentar sebelum anda simpan ke dalam kulkas.

Add a Comment