Perbedaan Tanda C, R, dan TM dalam Merek Dagang

Perbedaan Tanda C, R, dan TM dalam Merek Dagang

PrimaBerita – Sudah tahukah anda perbedaan tanda C, R, dan TM dalam lingkup merek dagang? Tanda-tanda tersebut bahkan kerap kita lihat saat bepergian ke suatu lokasi wisata. Namun kita seringkali tidak terlalu memperhatikan betul apa makna sebenarnya dari tanda yang berupa huruf tersebut.

Ternyata kode huruf tersebut memiliki makna serta aturan masing-masing saat disematkan ke dalam suatu produk. Agar tidak menjadi sebuah kebingungan lagi bagi anda, sebaiknya simak saja makna dari kode-kode berikut ini.

Perbedaan Tanda C, R, dan TM

Dalam suatu logo produk mungkin kita pernah melihat ada huruf dalam sebuah lingkaran yang tertulis sangat kecil pada bagian merek. Huruf-huruf tersebut dapat berupa huruf C, R, maupun TM. Namun saat tersemat dalam logo atau merek dagang, pemilihan huruf bukanlah secara acak. Ada makna terselubung yang perlu untuk anda ketahui. Ketahui maknanya.

Huruf C

Huruf C dalam sebuah lingkaran memiliki kepanjangan yakni copyright yang berarti hak cipta. Pada umumnya, sebuah badan usahalah yang sering menggunakan klaim hak cipta yang menyatakan hasil karyanya merupakan karya original dan terlindungi undang-undang. Untuk bentuk karya bisa berupa lirik lagu, desain, dll. Tentang karya selengkapnya yang berhak atas hak cipta terdapat dalam UU No 28 Tahun 2014 pasal 40.

Huruf R

Huruf R dalam sebuah lingkaran ini memiliki arti kalau logo tersebut adalah milik perusahaan tersebut. R merupakan singkatan dari registered dan terdaftar ke HKI secara resmi untuk tujuan komersil maupun non-komersil.

Huruf TM

Sama seperti huruf C dan R, TM juga mengandung arti dari sebuah singkatan yakni trademark (merek dagang). Sesuai dengan artinya tanda kode TM ini bertujuan untuk menujukkan bahwa beberapa hal meliputi nama, gambar, simbol, huruf, ataupun tanda lain oleh badan usaha berbeda dengan merek lainnya.

Itulah beberapa tanda dan perbedaan huruf C, R, dan TM dengan maknanya masing-masing yang sering tersemat dalam sebuah kemasan produk maupun logo.

Lihat Juga: Mau Bikin Tanda Tangan Digital? Siapkan HP-mu, Begini Caranya!

Add a Comment