Kenali Ciri-ciri Wanita Mandul dari Tanda Ini

Kenali Ciri-ciri Wanita Mandul dari Tanda Ini

PrimaBerita – Pada umumnya ciri-ciri wanita mandul tidak bisa dilihat dari penampilan fisik. Jadi untuk mengetahuinya, seseorang bisa melakukan serangkaian tes dari dokter rumah sakit.

Ciri-ciri wanita mandul ada kaitannya dengan masalah kesuburan. Tapi meski demikian masalah kemandulan (infertilitas) sebenarnya tak hanya dialami oleh kaum wanita saja. Melainkan pria manapun dapat mengalaminya. Namun bila anda ingin mengetahui bagaimana ciri-ciri wanita mandul, anda bisa melihat dari tanda-tanda berikut ini.

Pada dasarnya setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Untuk siklus yang normal bisa terjadi sekitar 28 – 35 hari dengan waktu yang konsisten pula. Namun jika siklus menstruasi sudah tidak teratur, ini bisa menjadi salah satu ciri yang menandakan kalau wanita menerima resiko kemandulan.

Adapun penyebab siklus menstruasi yang tidak teratur adalah karena ketidakseimbangan hormon. Yang mana hal ini juga dapat menyebabkan sebuah kondisi yakni sindrom ovarium polikistik atau PCOS. PCOS sendiri merupakan sebuah kondisi saat folikel dalam ovarium tidak berkembang menjadi folikel matang untuk melepaskan telur. Akibatnya membuat wanita menjadi sulit hamil.

  • Darah Menstruasi Terlalu Banyak Atau Sebaliknya

Jika darah keluar terlalu banyak maka hal ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan menorraghia. Penyebabnya adalah karena ketidakseimbangan hormon atau efek samping obat-obatan tertentu. Namun bila darah menstruasi datang terlampau sedikit merupakan penyebab PCOS.

  • Mengalami Sakit yang Tak Tertahankan Saat Datang Bulan

Ciri-ciri selanjutnya yaitu wanita mengalami sakit yang tak tertahankan saat datang bulan (menstruasi). Meski pada umumnya masa menstruasi bisa menimbulkan kram perut atau kondisi lainnya yang membuat tidak nyaman, ada baiknya memeriksakan kondisi bila merasakan sakit yang amat dahsyat. Karena beberapa kasus penyebab endometriosis berkaitan dengan ciri wanita mandul.

  • Endometriosis

Endometriosis merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika ada jaringan yang tumbuh pada luar rahim yang biasanya dapat anda temukan pada bagian panggul dan perut. Jika demikian, jaringan ini dapat mencegah sperma berenang mencapai sel telur lalu mempersulit proses pembuahan.

Kemudian saat anda mengalami kram mentruasi yang teramat parah, sakit pada area dubur, pendarahan abnormal, serta kesakitan saat berhubungan intim, bisa jadi hal-hal ini menjadi tanda dari gejala endometriosis.

Add a Comment