Kaya Nutrisi, Manfaat Buah Sirsak Sayang Dilewatkan

manfaat buah sirsak

PrimaBerita – Ada begitu banyak manfaat yang boleh kita rasakan dari mengonsumsi buah sirsak. Hal ini tentu karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada buah sirsak. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, cara mengonsumsi buah sirsak sebenarnya sangat beragam. Buah sirsak bisa dijadikan sebagai jus hingga olahan es krim. Yuk langsung saja simak manfaat buah sirsak.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

  • Melancarkan Pencernaan

Buah sirsak kaya akan kandungan serat dan air sehingga hal ini cukup efektif dalam menjaga saluran pencernaan agar tetap aktif. Oleh karena itu tak ada salahnya rutin mengonsumsi buah sirsak.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sama seperti jenis buah lain, sirsak juga dapat membantu tingkatkan daya tahan tubuh. Sirsak yang kaya vitamin C dan antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas serta mengurangi resiko terserang penyakit kronis.

  • Membantu Melawan Infeksi

Menurut sebuah riset laboratorium telah menujukkan bahwa ekstrak buah sirsak mampu membunuh virus, bakteri, maupun parasit dengan tambahan kandungan nutrisi. Sehingga dengan demikian buah sirsak dapat membantu proses pemulihan tubuh bahkan setelah terkena infeksi.

Lihat Juga: Terong Belanda, Minuman Segar yang Memiliki Segudang Manfaat

  • Meredakan Peradangan

Meski belum ada penelitian yang menyimpulkan secara pasti terkait efektivitas buah sirsak sebagai pengobatan akan tetapi manfaat selanjutnya yaitu bisa meredakan peradangan. Adapun manfaat ini bisa kita dapatkan melalui esktrak buah sirsak yang mempunyai efek antiradang. Efek ini terpercaya baik meringankan peradangan seperti asam urat maupun arthritis.

  • Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Melansir dari Alodokter, sel kanker bisa tercegah lewat mengonsumsi buah sirsak. Sebab terdapat kandungan antioksidan dan beragam zat kimia lainnya yang memiliki sifat antikanker. Kendati demikian beberapa studi juga menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak mampu menghambat pertumbuhan sejumlah jenis kanker. Misalnya kanker payudara, kanker hati, ginjal, mulut, hingga kanker prostat.

Itulah beberapa manfaat yang boleh kita rasakan dari mengonsumsi sirsak. Saat ini sirsak juga sudah gampang kita dapatkan di pasaran. Anda bisa membeli buah sirsak ke supermarket maupun pasar tradisional.

Add a Comment