H-1 Pilkada Serentak 2020, 9 Desember Libur Nasional

H-1 Pilkada Serentak 2020, 9 Desember Libur Nasional

PrimaBerita – Pilkada Serentak 2020 akan segera berlangsung dan tanggal 9 desember 2020 akan dijadikan sebagai libur nasional. Dari 309 kabupaten/kota tercatat sebanyak 100.359.152 pemilih akan terlibat dalam pilkada tahun ini.

Presiden RI secara resmi menetapkan tanggal 9 desember 2020 sebagai hari libur nasional sesuai dengan keputusan presiden nomor 22 tahun 2020. Adapun keputusan tersebut tandatangani oleh presiden Jokowi dengan tanggal ketetapannya 27 november 2020.

“Menetapkan hari rabu tanggal 9 desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota secara serentak,” demikian kutipan keppres.

Salah satu pertimbangan pemerintah dalam hal menetapkan 9 desember sebagai hari libur bertujuan supaya masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu melansir dari CNN, terkait pilkada, PT Kereta Commuter Indonesia mengaku tidak akan melakukan penambahan gerbong ataupun pembatasan penumpang KRL. Selain itu informasinya tidak ada juga perubahan terkait jadwal keberangkatan KRL. PT Kereta Commuter Indonesia tetap akan mengoperasikan sebanyak 997 perjalanan KRL setiap hari dengan jam operasional, mulai pukul 04:00 WIB sampai 24:00 WIB.

“Tidak ada perubahan jadwal dan protokol tetapdijalankan ketat,” kata VP corporate communications PT KCI, Anne Purba, melansir dari CNN.

Ia menuturkan terkait 9 desember sebagai libur nasional, KRL tetap beroperasi secara normal. Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan pun tetap berlaku. Aturan tambahan yakni bagi orang yang sudah lanjut usia (lansia) atau berusia 60 tahun ke atas. Kelompok lansia setiap harinya hanya dapat menggunakan KRL selain daripada jam sibuk, yakni mulai pukul 10:00 WIB hingga 14:00 WIB.

Kendati demikian, Anne juga menghimbau agar penumpang membawa perlengkapan tambahan saat keluar rumah. Perlengkapan tersebut dapat berupa jas hujan ataupun payung mengingat kondisi cuaca sedang musim hujan.

“Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajibdijalankan oleh para pengguna maupun petugas kamidi stasiun maupundi dalam KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama,” katanya.

Add a Comment