Gubsu : Kodam I/BB Merupakan Salah Satu Pilar Utama Mewujudkan Pembangunan Wilayah

PrimaBerita – Sebagai salah satu pilar utama dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, maka keberadaan Panglima Komando Daerah Militer I/BB cukup penting peranannya untuk membantu kinerja pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan di wilayahnya.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, saat menghadiri acara Pisah Sambut Pangdam I/Bukit Barisan dari Mayjen TNI Irwansyah kepada Mayjen TNI Hassanudin, di Balai Prajurit Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Medan, baru-baru ini.

Dikatakan Gubsu Edy Rahmayadi, selaku Gubernur mengucapkan terima kasih kepada Mayjen TNI Irwansyah yang telah banyak memberikan sumbangsih dan bantuan untuk kesejahteraan rakyat Sumatera Utara.

“Malam ini, semua yang hadir di sini menjadi saksi pengantar purna tugas Mayjen TNI Irwansyah yang sebentar lagi akan menjadi orang sipil sama seperti saya,” ujar Gubsu.

Gubsu menyampaikan Selamat bertugas kembali kepada Pangdam I/BB yang baru, Mayjen TNI Hassanudin, lantaran sebelumnya beliau selama satu tahun, 2018 pernah menjabat Kasdam I/BB.

Menurut Gubsu, bahwa pengalaman Mayjen TNI Hassanudin tak perlu diragukan lagi, selain ia pernah mengabdi di Sumut, sudah dipastikan mampu meningkatkan kinerja yang sudah dicapai Mayjen TNI Irwansyah.

“Mari kita mendoakan agar Pangdam baru diberikan kekuatan untuk menjalankan tugas yang tidak mudah di Sumatera Utara ini. Kedepannya, mari kita wujudkan Sumut yang Bermartabat”, harap Gubsu.

“Semoga Pangdam I/BB yang baru bisa melanjutkan apa yang sudah baik yang ditorehkan Mayjen TNI Irwansyah selama ini”, ucap mantan Pangkostrad yang juga Gubsu.

Selesai memberikan sambutan, Gubsu Edy Rahmayadi langsung memakaikan pakaian adat Melayu Deli kepada Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, didampingi Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Dwianne Dessy Hassanudin.

Selanjutnya dilakukan pemutaran video perjalanan karir Mayjen TNI Hassanudin yang selama 31 tahun meniti prestasi di dunia militer, mulai dari pangkat Letnan Dua hingga menyandang pangkat jenderal bintang dua dengan jabatan Pangdam I/Bukit Barisan.

Selepas itu, Mayjen TNI Hassanudin tampil di mimbar kehormatan menyampaikan permohonan dukungan dan doa restu untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugasnya sebagai Pangdam I/Bukit Barisan yang baru.

“Melalui acara lepas-sambut ini, disadari sepenuhnya bahwa saya telah diterima sebagai warga Kodam I/Bukit Barisan. Oleh karena itu, mari kita ciptakan kebersamaan dan rasa kekeluargaan, sehingga terwujud silaturahim yang harmonis antara Kodam I/Bukit Barisan dengan pemerintah daerah dan seluruh komponen bangsa yang berada di keempat provinsi,” ungkap Mayjen Hassanudin.

Pangdam Mayjen Hassanudin juga menyampaikan selamat jalan kepada Mayjen TNI Irwansyah dan keluarga, selama lima bulan terakhir ini telah menorehkan tinta emas untuk Kodam I/Bukit Barisan.

“Kita semua berdoa semoga sukses di tempat yang baru. Sekali lagi terima kasih kepada segenap unsur Forkopimda dari keempat provinsi dan semua pihak yang sudah memberikan dukungan dalam pelaksanaan tugas pokok Kodam I/Bukit Barisan selama ini,” pungkas Mayjen Hassanudin.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan profil Mayjen TNI Irwansyah mulai sejak lulus pendidikan Akmil, sejumlah penugasan hingga ketika menerima amanah jabatan Pangdam I/BB pada Kamis, 25 Juni 2020.

Usai itu, Mayjen Irwansyah didampingi Ny Neneng Darmayanti Irwansyah naik ke mimbar kehormatan mengucapkan banyak terima kasih atas segala dukungan, doa dan kerjasama yang telah terbina dengan baik dari segenap pihak selama lima bulan dirinya mengemban amanah jabatan sebagai Pangdam I/BB.

“Terima kasih kepada segenap unsur Forkopimda dari empat provinsi yang telah begitu luar biasa memberikan dukungan dan kerjasama demi kelancaran pelaksanaan tugas pokok Kodam I/BB,” ucapnya.

Pati TNI AD lulusan Akmil 1985 ini juga menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada Kasdam serta seluruh PJU Kodam I/BB dan PNS yang telah memberikan dukungan luar biasa selama lima bulan dirinya menjalankan tugas sebagai Pangdam I/BB.

“Semoga Kasdam dan PJU Kodam I/BB lainnya bisa terus melanjutkan tugas secara paripurna, termasuk memberikan dukungan penuh kepada Mayjen TNI Hassanudin sebagai Panglima Kodam I/Bukit Barisan yang baru,” ungkap Mayjen Irwansyah.

Mayjen TNI Irwansyah mengucapkan terimakasih kepada PJU Kodam dan PNS Kodam I/BB, “Tiada gading yang tak retak, kami mohon maaf apabila selama bertugas ada yang kurang berkenan. Tidak ada yang abadi, ini saatnya kami berpamitan untuk melanjutkan pengabdian di bidang lain,” tutur Irwansyah.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada Mayjen TNI Irwansyah didampingi ibu dari Gubsu Edy Rahmayadi, Forkopimda Sumut, Riau, Sumbar dan Kepri.

Turut hadir Kasdam I/BB, Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin, para Pejabat Utama Kodam I/BB, Ketua Persit KCK PD I/BB, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Sumut Nawal Edy Rahmayadi, unsur Forkopimda Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, tokoh agama dr. Indra Wahidin, tokoh masyarakat DR Rahmadsyah dan para tamu undangan lainnya. ( Edi Sukarno )

 

Add a Comment