Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Terong Belanda

efek samping terong belanda

PrimaDaily – Ternyata ada efek samping yang ditimbulkan dari terlalu banyak mengonsumsi buah terong belanda (solanum betaceum). Jadi untuk menyikapi hal ini seseorang perlu memperhatikan batas konsumsi wajar.

Biasanya terong belanda diolah menjadi minuman jus dengan campuran bahan tambahan seperti susu dan gula. Tapi buah ini juga sering dijadikan sirup hingga campuran salad buah. Ini karena terong belanda mengandung berbagai nutrisi. Per 100 gram buah terong belanda bisa terdapat 85 gram air, 1,5 gram protein, sekitar 1,28 gram lemak, 10 gram karbohidrat, vitamin A dan C, serta mengandung flavonoid.

Nah supaya manfaatnya lebih maksimal dan tepat maka cobalah mengonsumsi terong belanda sesuai dengan porsi yang pas. Karena jika berlebihan maka masalah bisa saja terjadi. Tapi meski demikian, hingga sejauh ini sebetulnya belum ada penelitian yang memastikan telah menemukan efek negatif dari terong belanda.

Namun bagaimanapun segala sesuatu berupa makanan/minuman yang kita konsumsi secara berlebihan tentu dapat menimbulkan masalah.

Manfaat Terong Belanda

Beberapa manfaat buah terong belanda antara lain sebagai berikut.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Anda bisa mengonsumsi terong belanda ungu yang kaya akan kandungan asam klorogenik, yang mana asam ini dapat mengurangi kadar gula darah berlebih. Selain itu daging buah terong belanda juga terkandung antioksidan tinggi.

2. Berfungsi Sebagai Nutrisi Organ dan Jaringan Sel Tubuh

Banyaknya nutrisi yang terkandung pada terong belanda membuat buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Vitamin B kompleks akan berkhasiat dalam mengatur sistem metabolisme tubuh. Sehingga bila anda sering kelelahan alangkah baiknya mengonsumsi terong belanda sebagai makanan tambahan maupun alternatif untuk menguatkan kekebalan tubuh.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Dalam terong belanda juga terdapat kandungan kalium yang baik untuk menyeimbangkan kadar natrium berlebih dalam jantung. Sehingga untuk semakin mengoptimalkan kesehatan jantung, konsumsilah secara rutin terong belanda ini karena kandungan magnesium juga ada pada daging buah.

4. Sebagai Makanan Penambah Darah

Sejak dulu buah ini terkenal sebagai salah satu asupan penambah darah yang efektif. Ini karena terong belanda juga mengandung zat besi selain daripada nutrisi-nutrisi lainnya.

5. Baik Untuk Membersihkan Kulit Sehingga Lebih Bercahaya

Buah multivitamin yang satu ini juga baik untuk membantu kulit lebih bercahaya lagi. Sebab ada kandungan flavonoid, fenol, serta antosianin yang berfungsi melindungi kulit dari stres oksidatif. Selain itu mengonsumsi buah tarong belanda secara rutin juga mampu sebagai agen anti penuaan.

6. Bagus Untuk Penurunan Berat Badan

Bagi anda yang kelebihan berat badan, ada baiknya pula mengonsumsi buah ini secara langsung maupun mengolahnya sebagai minuman segar. Karena terong belanda hanya memiliki sebanyak 24 kalori dengan kadar serat dan airnya cukup tinggi. Sementara itu buah ini juga dapat melawan sel-sel lemak dalam tubuh manusia.

Add a Comment