5 Jenis Seafood Ini Berdampak Buruk Untuk Kesehatan

PrimaBerita –  Sebagian orang ada yang menyukai seafood namun ada pula yang tidak menyukainya. Seafood merupakan makanan yang berasal dari laut. Ternyata ada jenis seafood yang berdampak untuk kesehatan loh,.

Makanan jenis seafood memang banyak mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti omega-3, vitamin A, vitamin E, vitamin B6, protein, asam lemak dan mineral.

Meskipun begitu, penelitian menemukan beberapa jenis seafood yang justru berdampak buruk bagi kesehatan lantaran cara penyajiannya yang justru dapat menyebabkan hilangnya kandungan gizi dalamnya.

Dalam hal ini, makanan seafood yang penyajiannya dengan cara mencelupkan ke dalam saus krim atau menggorengnya dengan remah roti merupakan proses penyajian yang kurang tepat karena hanya akan menambah kadar kolesterol dalam seafood.

Berikut 5 Jenis Seafood Ini Berdampak Buruk Untuk Kesehatan

Salmon ternak

Ikan salmon laut adalah jenis seafood yang kaya dengan kandungan vitamin A dan D. Namun berbeda dengan jenis ikan salmon ternak yang telah terkontaminasi dengan jenis pestisida yang terkandung dalam pakannya.

Selain itu, kandangnya yang sempit menyebabkan salmon ternak lebih banyak menyerap pestisida sehingga mengakibatkan tingginya lemak tidak sehat dalam salmon.

Tiram mentah

Dengan kondisi semakin tingginya tingkat pencemaran air laut, maka kontaminasi terhadap bakteri berbahaya pun akan tinggi terhadap kerang. Meski memiliki banyak manfaat saat anda makan mentah, namun akan lebih aman bila terlebih dahulu anda masak hingga matang untuk mensterilisasi bakteri dalamnya.

Udang (lobster)

Bila udang yang Anda konsumsi adalah jenis import karena pemeliharaannya yang tidak bersih. Serupa dengan salmon ternak, udang jenis import lebih rentan mengandung banyak pestisida yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, antibiotik yang ada dalam tambak udang akan menyebabkan reaksi alergi.

Ikan fugu

Ikan fugu merupakan jenis ikan yang sering menjadi santapan pesat orang Jepang ternyata memiliki racun yang mematikan. Dalam organ tubuh ikan yang bisa menggembung ini mengandung racun berbahaya.

Jika ikan fugu tidak anda bersihkan dan anda masak dengan benar, racun akan mampu membunuh siapapun yang memakannya.

Sup krim kerang

Sup krim kerang yang gurih, renyah dan segar memang terasa nikmat. Namun campuran krim, kerang, bacon dan mentega di dalamnya menjadikan sup mengandung kandungan lemak jenuh yang tinggi. Sehingga dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Peningkatan permintaan pasar terhadap pangan mendesak negara melakukan import besar-besaran dari luar. Sehingga, besar kemungkinan berbagai jenis kebutuhan pangan termasuk makanan yang berasal dari ekosistem laut telah banyak dibudidayakan dengan berbagai jenis zat kimia yang membahayakan kesehatan.

Add a Comment