Waspada !! Ini Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit

PrimaBerita – Penyebab perut sebelah kanan sakit dan cara mengatasinya perlu untuk anda ketahui.  Biasanya sakit perut ini banyak orang alami. Jika anda mengetahui penyebab dan gejajalnya, mungkin anda bisa membantu dalam mendapatkan pengobatan yang cepat dan tepat.

Ada beberapa organ yang berhubungan dengan rasa sakit tersebut, yaitu liver, ginjal kanan, usus buntu, usus kecil dan tuba falopi bagian kanan pada wanita.

Berikut kondisi yang bisa jadi Penyebab Perut Sebelah Kanan Sakit

Radang usus buntu atau apendisitis

Kondisi ini terjadi ketika terdapat penyumbatan pada usus buntu karena infeksi, sehingga terjadi pembengkakan yang perlu anda atasi secepatnya. Gejala awal radang usus buntu biasanya adanya rasa sakit perut sebelah kanan bawah yang  kemudian mual, muntah, kembung, sembelit, dan demam.

Hepatitis

Hepatitis atau radang pada hati merupakan penyakit penyebanya adalah beberapa hal, seperti infeksi virus hepatitis B dan C, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, hingga perlemakan hati.

Gejala hepatitis ini bisa berupa sakit perut pada bagian kanan atau kanan atas, mual, muntah, lemas, menurunnya selera makan serta warna feses yang menjadi keputihan, dan urine yang berwarna keruh.

Kolesistitis

Penyakit ini adalah penyakit radang kandung empedu, penyeab kondisi ini seringkali karena batu empedu. Gejalanya dapat berupa nyeri perut kanan atas yang terasa tajam, dan dapat menyebar ke bahu kanan. Gejala penyerta lain bisa berupa mual, muntah, demam, dan sakit kuning.

Batu empedu

Kondisi ini baru akan bergejala jika batu menyumbat saluran empedu dan menyebabkan radang. Batu empedu dapat menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kanan atas dan terasa menjalar hingga punggung bagian atas, bahu dan dada. Selain itu, bisa juga dengan gejala mual dan muntah.

Kehamilan ektopik

Yaitu kehamilan yang terjadi di luar rahim, umumnya pada bagian tuba fallopi. Sakit yang anda rasakan adalah pada bagian bawah perut sebelah kanan, tapi juga dapat terasa pada bagian kiri, tergantung pada lokasi menempelnya sel telur yang sudah terbuahi.

Lokasi Rasa Sakit Juga Bisa Menentukan Penyebab
Selain lima penyebab umum di atas, sakit perut sebelah kanan juga dapat diklasifikasikan berdasarkan lokasi, yaitu di atas atau di bawah.

Untuk sakit perut sebelah kanan bagian bawah dapat disebabkan:

Cedera.
Gangguan leher rahim.
Endometriosis.
Batu ginjal.
Sedangkan, sakit perut sebelah kanan bagian atas dapat disebabkan oleh:

Gastritis atau radang lambung.
Hernia hiatus.
Tukak lambung.
Batu ginjal, infeksi atau kanker pada ginjal.
Radang atau kanker pankreas.
Kanker kantung empedu.
Upaya Mengatasi Gangguan Kesehatan Ini
Untuk membantu meringankan rasa sakit pada perut, coba mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil. Jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti aspirin atau ibuprofen, yang mungkin dapat memperparah gangguan.

Add a Comment