Waspada! Diam-diam 6 Hal Ini Bisa Picu Serangan Jantung

Hal Ini Bisa Picu Serangan Jantung

PrimaBerita – Beberapa hal sepele ternyata bisa picu serangan jantung. Kondisi ini terjadi kala aliran darah tersumbat untuk ke jantung. Menurut Mayo Clinic, penyumbatan pada pembuluh darah di jantung bisa berupa penumpukan lemak, kolesterol, maupun zat lain yang membentuk plak. Saat plak sudah pecah dan membentuk gumpalan maka akibatnya aliran darah menjadi terganggu hingga otot jantung pun rusak dan menimbulkan serangan jantung.

Selain itu serangan jantung bisa terjadi secara mendadak. Dengan demikian anda perlu waspada karena dari beberapa hal sepele bisa saja menimbulkan serangan jantung.

Hal yang Mampu Picu Serangan Jantung

Bangun Tidur

Melansir dari Kompas, perihal bangun tidur rupanya bisa menjadi hal yang picu serangan jantung. Sebelum bangun tidur, tubuh sebenarnya telah bersiap untuk mengawali hari dengan cara menyiapkan hormon stres ke aliran darah. Tubuh akan memberikan sinyal ke pembuluh darah kecil untuk mengerut dan membuat jantung berdetak lebih cepat serta meningkatkan tekanan darah supaya mata bisa terjaga.

Adapun aktivitas ini bertujuan untuk memastikan kecukupan aliran darah. Maka tak heran pula masalah kardiovaskular bisa terjadi pada pagi hari atau pada jam bangun tidur. Selain itu efek obat pada pagi hari yang telah memudar sepanjang malam juga mampu membuat pola serangan jantung saat pagi hari.

Marah-marah

Adu argumen maupun debat kusir juga bisa menjadi salah satu faktor pemicunya. Sebuah studi menyebutkan kalau orang yang sedang marah berpotensi mengalami serangan jantung hingga 14 kali lipat selama 2 jam saat marah. Riset lainnya membuktikan bahwa aktivitas marah juga bisa mengacaukan kinerja alat pacu jantung pada pengidap gangguan irama jantung.

Makan Berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan memang terkadang kurang baik. Seperti masalah serangan jantung ini juga bisa diakibatkan oleh karena makanan dengan porsi yang berlebihan. Pasalnya makanan berat terutama yang penuh karbohidrat dan lemak jenuh mampu meningkatkan resiko serangan jantung. Karena darah akan lebih gampang mengental.

Polusi Udara

Polutan ternyata bisa memicu stroke hingga serangan jantung. Ini karena terlalu sering menghirup udara yang penuh partikel berbahaya. Mungkin bisa dari knalpot kendaraan maupun polusi dari pabrik yang membakar bahan bakar.

Cuaca

Cuaca yang bersuhu sangat rendah mampu picu masalah kardiovaskular. Bahkan di AS, kematian akibat serangan jantung cukup sering terjadi pada puncak musim dingin.

Bencana Alam & Teror

Kejadian serangan jantung bisa melonjok apabila terjadi teror dan perang. Bukan hanya itu, beberapa bencana alam pun demikian rentan menyebabkan banyak orang serangan jantung.

Add a Comment