Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

PrimaDaily – Menjaga kesehatan tubuh saat musim hujan itu penting. Karena musim penghujan bisa saja menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh. Mulai dari terkena hujan hingga tidak menyeimbangkannya dengan asupan nutrisi yang baik.

Nah untuk mengantisipasi penyakit yang kerap muncul saat musim hujan seperti flu, batuk, masuk angin, dan lain sebagainya anda perlu mencermati beberapa hal berikut ini.

Perkuat Minum Air Putih

Usahakan tubuh tetap terhidrasi saat musim hujan. Hal ini supaya sistem imun tetap terjaga. Setidaknya minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Akan lebih baik lagi jika anda mengonsumsi air hangat. Menurut Asia One, air putih hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Selalu Sedia Payung Saat Bepergian

Agar tetap sehat saat musim hujan, saat bepergian sebaiknya anda menyediakan payung. Selain itu pastikan pula tubuh anda mengenakan pakaian yang bisa menghangatkan tubuh kala hujan sedang turun atau ketika cuaca sedang dingin. Bila perlu gunakan saja jas hujan.

Rajin Mencuci Tangan

Untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit seperti flu maupun batuk maka rajinlah mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir. Jangan lupa menggosokkan sabun ke sela-sela jari tangan dan telapak tangan. Setelah itu bilas dan keringkan dengan handuk atau kain yang bersih.

Lengkapi Asupan Nutrisi

Meski telah menjaga berbagai hal dan menghindar dari terpaan hujan, asupan nutrisi juga berperan penting dalam kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang akan antioksidan demi meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu cukupi pula kebutuhan karbohidrat, mineral, protein, maupun serat dan vitamin harian.

Oles dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih bisa menjadi alternatif dalam menghangatkan tubuh. Namun selain daripada itu, minyak kayu putih juga berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi lebih relaks lagi hingga melegakan pernafasan. Cukup oleskan minyak kayu putih ke area perut, leher, maupun dada dan telapak.

Hindari Gigitan Nyamuk

Menghindari gigitan nyamuk bisa anda lakukan dengan cara selalu sedia lotion anti nyamuk. Atau anda bisa merebus serai karena aromanya membuat nyamuk tidak nyaman. Sebab populasi nyamuk dapat meningkat pada saat musim hujan. Selain itu rajinlah membersihkan lingkungan rumah anda.

Sumber artikel: Primadaily.comTips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan.

Add a Comment