Sudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Sirloin dan Tenderloin

PrimaDaily – Mungkin sebagian orang belum mengetahui perbedaan sirloin dam tenderloin. Keduanya ini merupakan bagian dari daging sapi yang sering orang olah untuk menjadi berbagai jenis makanan. Sirloin dan tenderloin merupakan dua jenis potongan daging sapi yang kerap orang gunakan sebagai olahan steak atau daging panggang.

Meski sama-sama berasal dari bagian punggung sapi, kedua jenis potongan daging sapi ini memiliki beberapa perbedaan dari segi rasa, tekstur, hingga kandungan kolesterol dan proteinnya.

Daging sapi merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti protein, vitamin B, zinc, selenium, dan zat besi. Namun, A jangan mengonsumsi daging sapi secara berlebihan karena dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit kardiovaskular hingga kanker usus besar.

Saat memilih daging sapi, baik potongan sirloin maupun tenderloin, Anda sebaiknya memilih jenis potongan daging yang sudah anda buang lemaknya. Potongan daging tersebut biasanya berlabel extra lean cut.

Berbeda dengan potongan sirloin atau tenderloin biasa, potongan daging extra lean cut mengandung lemak yang lebih sedikit, yaitu hanya sekitar 5–10 gram lemak per 100 gram daging.

Berikut Beberapa perbedaan Sirloin dan Tenderloin

Perbedaan berdasarkan tekstur daging

Kedua daging ini memiliki tekstur daging paling lembut pada bagian daging sapi lainnya. Namun, daging sirloin memiliki tekstur yang lebih kenyal atau alot, sedangkan tenderloin umumnya lebih empuk. Potongan daging tenderloin juga lebih tebal jika anda bandingkan dengan daging sirloin.

Perbedaan berdasarkan kandungan protein dan lemaknya

Sirloin dan tenderloin merupakan jenis potongan daging sapi yang memiliki lemak paling rendah antara jenis potongan daging sapi lainnya. Namun, kandungan lemak dan protein pada kedua jenis potongan daging ini sedikit berbeda.

Dalam 100 gram daging sirloin, terkandung sekitar 12–14 gram lemak dan 90 miligram kolesterol. Sementara itu, 100 gram tenderloin mengandung lemak sebesar 18–20 gram dan sekitar 70 miligram kolesterol.

Dari segi kandungan proteinnya, sirloin memang lebih unggul. Dalam 100 gram daging sirloin, terdapat sekitar 29 gram protein. Sedangkan, daging tenderloin hanya mengandung 18 gram protein per 100 gramnya.

Akan tetapi, perlu anda ingat bahwa kandungan lemak pada keduanya ini bisa berbeda, tergantung jenis sapinya. Umumnya, daging sapi impor seperti daging sapi Angus, Kobe, dan wagyu, mengandung lebih banyak lemak daripada daging sapi lokal.

Perbedaan berdasarkan durasi memasak

Tekstur daging sirloin yang lebih keras atau kenyal memerlukan waktu pengolahan daging lebih lama, yaitu sekitar 6–10 menit untuk setiap sisi daging, agar menghasilkan daging yang gurih dan empuk.

Sedangkan durasi memasak tenderloin sebaiknya tidak terlalu lama karena tekstur dagingnya yang lebih lembut. Jika tenderloin dimasak terlalu lama, struktur daging yang dihasilkan akan menjadi keras.

Sumber artikel: Primadaily.comSudah Tahu Belum? Ini Perbedaan Sirloin dan Tenderloin.

Add a Comment