Sebaiknya Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Mandikan Anjing Peliharaan

tips mandikan anjing peliharaan

PrimaBerita – Ada saat untuk mandikan anjing peliharaan agar tubuh hewan tetap terjaga kebersihannya. Begitupun anda juga tak harus membawa anjing ke salon khusus hewan peliharaan. Sebab anda sendiri juga bisa memandikan hewan peliharaan kesayangan anda di rumah.

Namun saat mandikan anjing peliharaan, jangan pula melakukan beberapa hal berikut ini, antara lain:

Menyiram Air ke Telinga

Saat membersihkan tubuh hewan peliharaan mungkin anda akan berusaha untuk membersihkan seluruh bagian tubuhnya agar kebersihannya tetap terjaga. Hal ini karena anda sering bermain dan berinteraksi dengan hewan peliharaan. Namun ternyata jangan siramkan air ke area telinga anjing. Lebih baik membersihkan bagian telinga anjing dengan kain lembab saja.

Semprotan air yang berlebihan dapat menciptakan lingkungan lembab dan hangat sehingga mampu menciptakan tempat untuk bakteri berkembang biak. Lantas untuk mengindari air tersemprot ke telinga anjing maka tutup saja bagian telinga anjing dengan bola kapas.

Menggunakan Shampo Manusia atau Sabun Pencuci Piring

Hal yang sebaiknya jangan anda lakukan yaitu memberikan shampo manusia untuk membersihkan bulu anjing peliharaan. Pasalnya shampo manusia acapkali memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga kurang baik terhadap kulit serta bulunya. Ini karena pH kulit anjing berbeda dengan pH kulit manusia. Selain itu bahan kimia yang kuat juga dapat berbahaya bagi anjing. Oleh sebab itu hindari saja pemakaian sabun pencuci piring kecuali anjing peliharaan anda habis berguling-guling pada tumpukan racun maupun residu berbasis minyak.

Terlalu Sering Memandikan

Mungkin bagi sebagian orang, memandikan anjing peliharaan terlalu sering dan teratur menjadi ide yang bagus. Tetapi hal ini ternyata justru dapat membahayakan karena bisa mengeringkan kulit anjing itu sendiri. Apalagi jika anda terlalu sering memandikan anak anjing.

Tidak Cukup Hanya Mengeringkannya

Anjing yang memiliki bulu tebal tentu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeringkannya usai mandi. Oleh sebab itu hindari saja memandikan anjing peliharaan saat sedang hujan atau saat cuaca sedang dingin. Ini bisa memperlambat proses pengeringan bulunya. Akibatnya anjing bisa saja merasa tidak nyaman. Namun untuk mengatasinya atau bahkan jika anda sudah terlanjur maka gunakan saja pengering bulu anjing khusus guna mengekstraksi kelembaban.

Add a Comment