Perlu Diperhatikan, Ada 5 Kesalahan Saat Mencuci Tangan

kesalahan saat cuci tangan

PrimaBerita – Ternyata saat mencuci tangan itu tidak boleh dengan asal-asalan supaya tidak terjadi kesalahan. Karena jika asal-asalan justru dikhawatirkan dapat menimbulkan bakteri lain. Sehingga masalah kesehatan pun bisa muncul.

Melansir dari sebuah sumber, berikut beberapa kesalahan yang patut diwaspadai saat melakukan cuci tangan alih-alih.

1. Mencuci Tangan Sangat Cepat

Sebuah penelitian terbaru dari Michigan State University menyebutkan sebanyak 95% orang melakukan cuci tangan dengan amat sebentar. Dan dari rata-rata hasil studi menyatakan bahwa seseorang hanya mencuci tangan sekitar 6 detik saja. Padahal sebaiknya melakukan aktivitas cuci tangan setidaknya selama 2o detik untuk membunuh kuman.

2. Mencuci Tangan Hanya Sekedar

Kesalahan saat mencuci tangan selanjutnya yaitu mencuci hanya sebentar. Seseorang hanya mengusap telapak tangan saja dengan sabun saat cuci tangan. Padahal kuman atau bakteri penyakit bisa saja bersembunyi pada bagian bawah kuku maupun pada sela-sela jemari dan punggung tangan. Jadi ada baiknya mencuci tangan secara lebih mendetail lagi. Gosok seluruh permukaan telapak tangan untuk menghilangkan mikroba serta kotoran.

3. Hanya Cuci Tangan Usai dari Kamar Mandi

Sekedar mencuci tangan hanya karena dari kamar mandi saja merupakan ide yang kurang tepat. Pasalnya banyak benda yang dikhawatirkan berpotensi terkena bakteri maupun kuman. Sehingga yang perlu anda lakukan adalah melakukan cuci tangan secara teratur, terutama pada saat masa pandemi sekarang ini.

4. Tangan Kurang Kering

Terkadang memang ada kesalahan saat mengeringkan tangan walau sudah berusaha mencuci tangan dengan baik dan benar. Maka untuk hal ini alangkah baiknya segera mengeringkan tangan dengan tisu kering ataupun alat pengering. Ini membantu tangan lebih cepat kering dan tidak tertular kuman. Hal ini bila tangan dalam kondisi yang lembab, kuman lebih mudah muncul dan bertahan pada tangan.

5. Menggunakan Sabun dari Wadah Isi Ulang

Wadah sabun juga dapat menjadi salah satu hal yang tak luput dari kesalahan saat mencuci tangan. Sebab terkadang bila terbiarkan begitu saja pada wastafel bisa menjadi sarang bakteri. Oleh karena itu sebaiknya sebelum anda gunakan kembali, cucilah wadah hingga bersih terlebih dahulu. Penggunaan wadah yang jarang anda bersihkan mampu menyebabkan bakteri dan kuman sehingga bisa berpindah ke tangan saat sabun anda gunakan.

Add a Comment