Perhatikan Dulu Ya Hal Ini Sebelum Memelihara Ikan Hias

PrimaDaily – Memelihara ikan hias bisa terbilang gampang-gampang susah. Selain itu kegiatan seperti ini juga bisa membuat hidup lebih menyenangkan. Sebab ketimbang memelihara hewan lainnya, ikan hias lebih santai dan tentu bermanfaat.

Namun dalam memelihara ikan hias tak hanya soal akuariumnya saja melainkan masih ada hal-hal penting lainnya yang harus anda terapkan. Penasaran?

Beberapa Hal Penting dalam Memelihara Ikan Hias

1. Memilih Spesies Ikan

Untuk langkah awal, hal yang penting untuk anda perhatikan adalah memilih jenis ikan yang hendak anda pelihara. Bahkan lebih baik anda melakukan pemilihan spesies ikan terlebih dulu daripada membeli wadah ikan atau akuarium. Karena dengan memilih jenis ikan lebih dulu dapat memungkinkan anda mendapat wadah yang sesuai dengan kebutuhan ikan hias. Misal, anda memilih ikan betta, ikan rasboras, maupun ikan guppy. Ikan-ikan hias tersebut tak perlu memerlukan wadah terlalu besar serta mudah untuk dirawat.

2. Memilih Peralatan yang Tepat

Untuk peralatan memang bergantung pada ikan yang hendak anda pelihara. Selain itu kebutuhan filter juga termasuk bagian penting karena sebagian besar ikan membutuhkan filter. Ada banyak opsi filter tapi bagi pemula bisa memilih filter hang-on back. Namun tak bisa dipungkiri pula semua spesies ikan tentu berbeda keperluan suhunya. Ikan tropis membutuhkan pemanas dalam tangki. Lainnya, beberapa ikan juga tidak terlalu butuh banyak dekorasi karena lebih menyukai banyak ruang renang.

3. Pemilihan Wadah

Saat berkeinginan memelihara ikan hias sebaiknya pilih wadah yang pas. Misalnya tangki berukuran 19 liter atau lebih kecil sangat ideal untuk ikan tunggal. Namun jika anda ingin memelihara spesies ikan yang berbeda maka setidaknya anda membutuhkan wadah atau akuarium berukuran 75 liter. Lalu jika ingin memelihara ikan lebih banyak lagi dan berukuran lebih besar maka anda bisa menyediakan akurium berukuran 114 liter.

4. Perkenalkan Ikan Hias

Setelah mendiamkan air selama beberapa minggu lamanya, hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengukur kadar nitrit, nitrat, serta amonia. Dalam hal ini gunakan saja alat tes air. Sementara itu kebanyakan toko ikan menjual ikan dalam kantong plastik. Dengan demikian anda bisa mengapungkan kantongan plastik tersebut ke dalam akuarium selama 30 menit. Hal ini guna memastikan air menghangat dengan tepat sehingga ikan bisa beradaptasi.

Sumber artikel: Primadaily.comPerhatikan Dulu Ya Hal Ini Sebelum Memelihara Ikan Hias.

Add a Comment