Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Tubuh

PrimaDaily – Kacang tanah memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Kacang tanah merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan.

Dengan segudang nutrisinya tersebut tak heran bila kacang tanah menjadi salah satu makanan yang dapat mencegah atau mengurangi depresi. Selain itu, masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi kacang.

Berikut Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Tubuh

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kacang tanah bagi kesehatan yang pertama adalah mencegah penyakit jantung. Hal ini tak lain karena dalam kacang tanah terkandung asam oleat yang baik bagi jantung, dapat menurunkan risiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Untuk mengonsumsi kacang tanah, anda bisa merebus atau mengukus agar manfaatnya dapat anda rasakan.

Meningkatkan Memori

Karena adanya kandungan niacin dan resveratrol yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak, kacang tanah dapat menguatkan ingatan.

Selain itu, manfaat kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi serta memberikan tidur yang lebih lelap buat kamu yang kerap mengalami gangguan tidur.

Meningkatkan Kesuburan

Mengonsumsi kacang tanah dapat meningkatkan fertilitas. Sebaiknya pasangan yang ingin segera hamil untuk mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram per hari untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Manfaat kacang tanah juga baik dikonsumsi semasa kehamilan, sebab kandungan asam folatnya dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

Menurunkan Kolesterol

Selain mencegah depresi, manfaat kacang tanah bagi kesehatan berikutnya adalah dapat menurunkan kolesterol. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi dalam kacang.

Bahkan, beberapa peneliti menyebutkan bahwa kacang tanah bisa bantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Karena asam lemak yang cukup tinggi pula, kacang tanah juga bisa mencegah penyakit jantung koroner.

Mencegah Depresi

Depresi memiliki beberapa pemicu mulai dari faktor genetik, perubahan atau pun paparan lingkungan serta gangguan neurologis yang disebabkan oleh paparan bahan kimia di otak. Produksi serotonin memengaruhi kemunculan depresi.

Pada kacang tanah memiliki kandungan triptofan asam amino. Kandungan ini mampu memberikan manfaat kacang tanah berupa untuk pembentukan serotonin. Serotonin ini sangat membantu dalam membentuk suasana hati yang positif.

Mencegah Risiko Kanker Perut

Manfaat kacang tanah bagi kesehatan selanjutnya adalah mencegah risiko kanker perut. Hal ini sehubungan dengan poli fenolik dan anti oksidan yang terkandung dalam kacang tanah mampu mengurangi risiko kanker perut di dalam tubuh.

Nutrisi dalam kacang tanah dipercaya bisa mengurangi produksi karsinogenik nitroud amina penyebab utama tumbuhnya sel kanker di perut.

Mencegah Risiko Stroke

Selain mencegah risiko kanker perut, manfaat kacang tanah selanjutnya juga dapat mencegah risiko stroke. Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan dan resvreratrol yang dimiliki kacang tanah dipercaya mampu meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga bisa mencegah risiko stroke.

Tidak hanya itu saja, kandungan kalium, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, selenium dan seng serta beberapa mineral, study menyebutkan bahwa manfaat kacang tanah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sumber artikel: Primadaily.comManfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan Tubuh.

Add a Comment