Jarang Diketahui, Ini Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Buah pinang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan, hal ini karena buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik. Buah pinang paling sering orang gunakan dalam tradisi untuk menyirih oleh sebagian masyarakat Indonesia.  Ada juga yang mengolahnya sebaagi jus, kopi, jamu hingga jadi bentuk suplemen.

PrimaBerita – Buah pinang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan, hal ini karena buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik. Buah pinang paling sering orang gunakan dalam tradisi untuk menyirih oleh sebagian masyarakat Indonesia.  Ada juga yang mengolahnya sebaagi jus, kopi, jamu hingga jadi bentuk suplemen.

Buah pinang atau biji pinang merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis palem-paleman. Berikut nutrisi yang terdapat dalam buah pinang :

Protein
Lemak
Karbohidrat kompleks
Zat besi
Vitamin B kompleks
Kalsium
Fosfor
Kalium
Antioksidan, termasuk flavonoid dan polifenol

Berikut Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut

Berkat kandungan zat antibakteri dalam buah pinang, sehingga dapat membunuh bakteri jahat pada rongga mulut serta gigi dan gusi.

Secara tradisional buah ini banyak orang gunakan untuk membersihkan mulut dan mengatasi masalah pada gigi dan mulut, seperti mulut kering, gigi berlubang, dan karang gigi.

Menurunkan tekanan darah

Kandungan zat tannin dan kalium yang tinggi pada buah pinang bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Efek ini menjadikan buah pinang aman dan baik untuk penderita hipertensi.

Mencegah dan mengatasi anemia

Buah pinang juga mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, buah pinang baik  untuk mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia.

Selain mengonsumsi buah pinang, juga dapat mencegah anemia  dengan mengonsumsi makanan lain yang kaya akan zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kacang kedelai.

Melancarkan pencernaan

Dalam pengobatan tradisional, buah pinang kerap digunakan untuk membunuh parasit, seperti cacing, di dalam saluran cerna. Buah pinang juga dapat merangsang pergerakan usus dan mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung dan sembelit.

Menambah energi

Buah pinang mengandung senyawa alkaloid alami dan zat yang bersifat stimulan. Zat yang terkandung pada buah pinang tersebut bermanfaat untuk menambah energi dan stamina, serta meningkatkan daya konsentrasi.

Selain berbagai manfaat di atas, buah pinang juga disebut dapat meningkatkan nafsu makan, merangsang produksi air liur, dan mengobati penyakit mata, seperti glaukoma.

Meski demikian, belum ada riset yang menyebutkan bahwa buah pinang terbukti efektif dan aman dikonsumsi sebagai obat herba untuk mengatasi berbagai penyakit. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu jika hendak menggunakan buah pinang sebagai pengobatan.

Add a Comment