Jangan Konsumsi Menu Makanan Yang Sama Tiap Hari, Ini Alasannya

PrimaBerita – Kesehatan anda bisa terpengaruhi jika pola makan anda belum anda jaga. Sebaiknya jangan konsumsi menu makanan yang sama tiap hari.

Setiap makanan yang anda konsumsi juga harus selalu memperhatikan kandungan gizinya. Sehingga anda mengetahui betul apa manfaat yang akan anda dapatkan.

Selain sehat, orang akan mengonsumsi suatu makanan karena cita rasanya. Jika menemukan makanan yang anda suka, biasanya akan lebih sering mengonsumsinya terus menerus. Bahkan bisa juga menjadikan makanan tersebut sebagai hidangan wajib sehari-hari.

Sebaiknya jangan konsumsi menu makanan yang sama tiap hari, Berikut 5 alasannya

1. Kurang nutrisi

Setiap orang membutuhkan nutrisi makro dan mikro agar tubuh bisa berfungsi secara tepat. Jika anda hanya mengonsumsi satu jenis sayur dan buah tertentu setiap hari, ini bisa menyebabkan kurangnya nutrisi pada tubuh anda. Semakin beragam sayur dan buah yang anda konsumsi, maka semakin baik untuk kesehatan anda.

2. Membahayakan kesehatan usus

Menu makanan yang sama setiap hari ternyata bisa membahayakan kesehatan usus lho. Padahal kesehatan usus penting bagi sistem pencernaan anda.

Karena itulah ada takaran khusus untuk mengatur makanan. Dengan mengonsumsi makanan yang beragam, perkembangan bakteri baik pada usus akan semakin banyak. Hal ini juga bisa membantu meningkatkan sistem imun sehingga anda pun akan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Memperlambat turunnya berat badan

Jika anda berniat untuk menurunkan berat badan atau sedang menjalani program diet, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi menu makan yang sama setiap hari. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan pada PLOS One, variasi makanan memiliki andil pada hal ini.

Diketahui bahwa seseorang yang mengonsumsi beragam buah dan sayur mampu menurunkan berat badan lebih cepat dibanding yang makanannya setiap hari sama.

4. Kelebihan nutrisi tertentu

Nutrisi yang kita perlukan tentu harus seimbang. Tidak hanya kekurangan nutrisi, kelebihan nutrisi juga nggak baik bagi kesehatan. Konsumsi makanan tertentu dalam jumlah banyak bisa membuat anda kelebihan nutrisi tertentu.

Contohnya mengonsumsi kunyit, sebenarnya menyehatkan. Tapi jika anda setiap hari mengonsumsinya dengan takaran yang banyak, maka risiko timbulnya masalah pada liver juga semakin besar.

5. Eating disorder

Eating disorder adalah istilah untuk menggambarkan perilaku pilih-pilih makanan. Anda bisa mengalami ini sehingga hanya bisa mengonsumsi makanan tertentu dan menghindari makanan lainnya. Hal ini bisa berujung pada malnutrisi dan berkurangnya berat badan secara tak sehat.

Add a Comment