Ini Perbedaan Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur

PrimaDaily – Beberapa orang mungkin tidak mengetahui perbedaan teknik sipil dan teknik arsitektur. Memang keduanya sama-sama mempelajari dan mengerjakan bidang pembangunan, konstruksi, proyek, dan semacamnya. Namun keduanya memiliki perbedaan mulai dari cara kerja hingga prospeknya.

Teknik sipil dan teknik arsitektur sendiri mempunyai peran penting dalam proses pembangunan sebuah negara. Kedua bidang ini memang sangat berkaitan untuk pembangunan sebuah rumah, gedung, bandara, jalan, jembatan, bendungan, terowongan, dan sebagainya.

Mungkin banyak yang mengira jika teknik sipil sama halnya dengan tekni arsitektur karena sama-sama mempelajari pembangunan sebuah infrastruktur. Nyatanya, kedua jurusan perkuliahan ini memiliki perbedaan dan prospek kerja yang berbeda pula.

Berikut Perbedaan Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur

Teknik Sipil

Teknik Sipil mempelajari bagaimana membuat struktur sebuah bangunan yang kokoh, ekonomis dan efisien. Ruang lingkup tugas teknik sipil juga mengawasi aktivitas dan kinerja keseluruhan dari orang-orang yang terlibat dalam proses pengerjaan proyek pembangunan.

Prospek kerja Teknik Sipil

  1. Teknisi Sipil
  2. Insinyur Sipil
  3. Insinyur Sumber Daya Perairan
  4. Konsultan Konstruksi
  5. Pegawai Pemerintahan dan BUMN
  6. Pengawas Konstruksi dan Bangunan
  7. Analis Kontrol Kualitas

Teknik Arsitektur

Teknik Arsitektur lebih fokus pada desain bangunannya atau mempelajari suatu bangunan dari segi keindahan desain (seni). Intinya, perbedaan antara jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur adalah teknik sipil membangun suatu bangunan setelah mendapat gambar dari arsitek.

Kuliah di jurusan teknik arsitektur tidak fokus mempelajari secara mendalam mengenai desain struktur, bagaimana kekuatan suatu bangunan, dan lain sebagainya. Sementara itu, jurusan teknik sipil pun tidak mempelajari bangunan sebagai suatu karya seni yang indah pada dasarnya, yang penting kuat, tidak roboh.

Untuk itu dalam dunia kerja, lulusan teknik sipil akan bekerja sama dengan lulusan teknik arsitekur untuk mendapatkan bangunan yang kokoh dan indah.

Prospek kerja Teknik Arsitektur

  1. Arsitek
  2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  3. Akademisi
  4. Quantity Surveyor
  5. Surveyor bangunan
  6. Inspektur bangunan bersejarah
  7. Arsitek

Sumber artikel: Primadaily.comIni Perbedaan Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur.

Add a Comment