Ini Pantangan Makanan bagi Penderita Darah Tinggi

PrimaBerita – Bagi para penderita darah tinggi sebaiknya pantangan makanan anda hindari. Sebab, konsumsi makanan dengan nutrisi tidak terjaga dengan baik, berpotensi memperburuk kondisi penyakit yang anda derita.

Banyak orang yang mengabaikan jumlah kalori dalam makanan yang anda konsumsi. Selain mempersulit meraih berat badan ideal, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi).

Padahal menjaga berat badan ideal ataupun mengurangi berat badan, dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah tinggi Anda.

Selain jumlah kalori, garam menjadi pantangan juga. Garam mengandung natrium yang bila kadarnya meningkat dalam darah, dapat memengaruhi tekanan darah.

Berikut Pantangan Makanan bagi Penderita Darah Tinggi

Makanan mengandung lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jenuh dan lemak trans merupakan dua musuh utama yang menjadi pantangan darah tinggi. Makanan yang kaya akan lemak jenus salah satunya adalah kulit ayam.

Selain itu, beberapa jenis makanan kaya lemak jenuh termasuk daging merah, mentega dan susu tinggi lemak. Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans adalah kabar buruk bagi penderita tekanan darah tinggi.

Keduanya dapat meningkatkan kandungan LDL atau kolesterol jahat. Melonjaknya kadar kolesterol jahat menjadikan penderita tekanan darah tinggi dapat makin memburuk keadaan tekanan darahnya dan kian rentan terkena penyakit jantung koroner.

Makanan kemasan

Pizza dalam kemasan beku, umumnya lebih berisiko karena ada tambahan lebih banyak garam daripada pizza yang langsung anda nikmati. Padahal garam dan natrium sangat berbahaya jika anda konsumsi berlebihan.

Selain itu, makanan dalam kemasan yang juga perlu anda perhatikan konsumsinya termasuk sup atau saus dalam kemasan. Dalam satu kaleng sup kemasan mengandung natrium hingga 900-2.000 mg.

Acar

Biasanya agar tahan lama dan enak, acar biasanya akan ada tambahan garam. Tentu kandungan garam berlebihan dapat berefek buruk bagi kesehatan penderita hipertensi. Sebagai langkah antisipasi, acar yang bisa anda jadikan pilihan adalah acar mengandung garam di bawah 100 miligram.

Kopi dan minuman berkafein lainnya

Tidak hanya makanan yang menjadi pantangan darah tinggi, ada juga minuman yang perlu menjadi perhatian, yaitu kopi, teh, dan soda.

Ketiga minuman tersebut mengandung kafein yang dapat berkontribusi buruk bagi penderita hipertensi. Kafein adalah zat yang mampu menaikkan kadar tekanan darah secara sementara.

Add a Comment