Ini Hak Istimewa Ratu Elizabeth, Tidak Perlu Paspor

Hak Istimewa Ratu Elizabeth

PrimaBerita – Sebagai seorang pemimpin Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth memiliki hak istimewa yang ia dapatkan. Memimpin sebuah monarki yang sudah berusia ratusan abad bukan hal yang mudah.

Oleh karena itu tanggung jawab yang besar, menjadi seorang ratu pada kerajaan Inggris juga menyenangkan.

Berikut Hak Istimewa Ratu Elizabeth

1. Salah satu orang pertama yang memakai internet di dunia

Pada tanggal 26 Maret 1976, Ratu Elizabeth mengunjungi pusat penelitian telekomunikasi, Malvern, Inggris. Untuk memperingati kedatangan ARPANET, jaringan komputer yang akhirnya berubah menjadi internet.

Ia menjadi keluarga kerajaan pertama yang mengirim email, dengan nama pengguna “HME2” (Her Majesty, Elizabeth II). “Yang beliau lakukan adalah menekan beberapa tombol dan pesannya sudah terkirim,” kata Peter Kirstein, petugas yang saat itu mengatur akun emailnya.

2. Tidak membutuhkan SIM

Ratu Elizabeth mulai belajar mengemudi untuk Layanan Wilayah Bantu Wanita selama Perang Dunia II. Sejak itu, ia tidak pernah wajib memiliki SIM dan juga dapat mengemudi mobil tanpa plat nomor.

3. Tidak memerlukan paspor untuk bepergian

Setiap paspor yang ada, terbit dengan nama Ratu. Akibatnya, sang Ratu tidak perlu paspornya sendiri untuk bepergian. Namun, semua anggota keluarga kerajaan lainnya, termasuk suaminya, Pangeran Phillip dan Pangeran Charles, memiliki paspor. Selama hidupnya, Ratu Elizabeth telah mengunjungi lebih dari 120 negara di seluruh dunia.

4. Punya mesin ATM pribadi

Ratu Elizabeth memiliki mesin ATM sendiri yang terpasang pada ruang bawah tanah Istana Buckingham, milik bank mewah, Coutts.

5. Merayakan ulang tahun dua kali dalam setahun

Ulang tahun adalah hari yang sangat istimewa dan hari ulang tahun Ratu Elizabeth jauh lebih istimewa dari rakyat umumnya karena merayakannya dua kali dalam setahun. Yang resmi pada 21 April dan satu lagi pada hari Sabtu kedua bulan Juni (ulang tahun secara kerajaan) dengan parade Pasukan Warna atau Trooping the Colour.

6. Menjadi kepala gereja Inggris

Pada zaman dulu, Raja Henry VIII membentuk Gereja Inggris, dan sekarang Ratu Elizabeth–sebagai orang yang berkuasa–mengepalai gereja tersebut. Ia tidak diizinkan untuk pindah ke gereja lain atau agama lain.

7. Memiliki banyak satwa liar

Ratu adalah pemilik setiap angsa di Sungai Thames dan di seluruh Inggris, serta semua lumba-lumba, ikan sturgeon, dan paus di perairan Inggris.

8. Tidak dapat ditangkap secara hukum

Ratu tidak dapat ditangkap atau menjadi subjek dari proses perdata dan pidana, yang berarti ia dibebaskan dari hukum. Ratu memiliki kekebalan hukum yang berdaulat, yang berarti ia tidak ada yang dapat menuntutnya dalam penyelidikan sipil atau pidana.

Namun, menurut situs resmi keluarga kerajaan, meskipun proses hukum perdata dan pidana tidak dapat d!tujukan padanya, tetapi Ratu Elizabeth sangat berhati-hati dan memastikan bahwa semua kegiatannya ia laksanakan sesuai dengan peraturan.

Add a Comment