Ini 5 Cara Mengatur Ulang Pola Tidur Berantakan

PrimaBerita – Pada masa pandemi, banyak hal yang berubah karena semua hal akan anda lakukan dalam rumah salah satunya pola tidur anda. Namun anda bisa melakukan cara untuk mengatur ulang pola tidur anda yang berantakan.

Saat bekerja dari rumah, Anda mungkin terbebas dari jalanan macet. Namun, kebebasan ini mengakibatkan pola tidur yang lebih buruk. Karena Anda tidak harus bangun lebih bagi untuk menempuh perjalanan ke kantor.

Selain itu, Anda mungkin juga terlalu bergumul dengan pekerjaan, makan tidak teratur, serta kurang berolahraga dari sebelumnya. Hal-hal ini yang kemudian memengaruhi pola tidur sehari-hari.

Kualitas tidur yang baik adalah dasar dari pikiran dan tubuh yang sehat. Tidur adalah proses yang diperlukan otak untuk membersihkan racun dan limbah metabolisme, mengonsolidasikan memori dan pembelajaran, serta mengisi ulang tubuh fisik anda.

Kualitas tidur yang buruk telah dapat memicu penurunan sistem kekebalan, peningkatan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, kanker, serta insiden penyakit mental yang lebih tinggi seperti depresi dan kecemasan. Oleh karena sangat penting mengubah pola tidur anda.

Berikut 5 Cara Mengatur Ulang Pola Tidur Berantakan

1. Manfaatkan cahaya alami

Cobalah untuk menghindari cahaya terang lampu serta dari layar elektronik setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Ini termasuk TV, laptop, tablet, dan ponsel.

Cahaya biru dari sumber-sumber tersebut telah terbukti sangat mengganggu proses alami tidur kita.

Saran terbaik adalah hindari perangkat-perangkat tersebut dari kamar tidur sepenuhnya jika memungkinkan. Jika tidak, setidaknya jauhkan dari jangkauan yang mudah dari tempat tidur.

Cahaya biru dari sumber-sumber ini telah terbukti sangat mengganggu proses alami tidur anda, bahkan tanpa menyebutkan jumlah keterlibatan mental yang menyertai penggunaan perangkat ini.

Saran terbaik adalah melarang perangkat ini dari kamar tidur sepenuhnya jika memungkinkan; jika tidak, setidaknya jauhkan dari jangkauan yang mudah dari tempat tidur.

Dan ketika tiba waktunya untuk bangun, nyalakan beberapa lampu terang dan buka tirai, karena sinar matahari alami adalah salah satu isyarat terbaik bagi tubuh dan pikiran anda untuk bangun.

2. Turunkan suhu

Studi menunjukkan bahwa suhu yang lebih sejuk (antara 19 dan 22 derajat celsius) ideal untuk kualitas tidur yang baik. Untuk rumah tangga tanpa AC, ventilasi dengan kipas angin dan menggunakan seprai tipis dan pakaian tidur (misalnya linen) dapat membantu Anda tetap sejuk dalam semalam.

3. Patuhi jadwal

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Pengaturan waktu makan juga penting. Yang terbaik adalah menjaga jadwal rutin untuk makan Anda terakhir pada hari itu untuk membantu mengatur pola jam tubuh internal Anda.

Cobalah makan setidaknya 2 jam sebelum tidur, biarkan makanan Anda dicerna sebagian untuk menghindari rasa kembung saat berbaring.

4. Hindari kafein dan alkohol

Efek kafein dapat bertahan rata-rata selama empat hingga enam jam atau lebih, jadi sebaiknya minum kopi terakhir sebelum jam 3 sore jika perlu.

Alkohol kerap dianggap sebagai obat penenang dan depresan sistem saraf, dan banyak orang dewasa sesekali minum segelas atau dua gelas anggur saat makan malam.

Meskipun mungkin membuat Anda sedikit mengantuk dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur pada awalnya, alkohol mengganggu dan memecah siklus tidur normal.

Ini berarti lebih sering terbangun singkat pada tengah malam (yang mungkin sebagian besar tidak anda perhatikan) dan merasa tidak nyaman pada hari berikutnya.

5. Berolahraga secara teratur

Olahraga telah terbukti meningkatkan kualitas tidur dengan meningkatkan proporsi waktu yang dihabiskan dalam tidur nyenyak restoratif, serta meningkatkan durasi jam tidur secara keseluruhan.

Anda juga akan mendapatkan pelepasan endorfin yang dapat meredakan stres dan kecemasan, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi nyeri kronis.

Yang terbaik adalah menemukan rutinitas yang dapat Anda ikuti, karena sebagian besar manfaat olahraga dan tidur tidak akan langsung terlihat dan hanya datang seiring waktu.

 

Add a Comment