Hitungan Pajak Reklame Baliho Habib Rizieq, Bisa Sampai Belasan Juta

Hitungan Pajak Reklame Baliho Habib Rizieq

PrimaBerita – Hitungan pajak reklame baliho habib Rizieq. Saat ini sedang ramai perbincangan soal baliho Habib Rizieq Shihab. Mulai dari pemasangan hingga pencopotan yang Satpol PP lakukan.

Ternyata memasang baliho tidak bisa sembarangan. Jika tidak memenuhi aturan, terpaksa d!copot seperti baliho bergambar pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Aturan pemasangan baliho sesuai Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011 tentang pajak reklame. Mengutip dari website resmi Badan Pendapatan Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta, Minggu (22/11/2020), tarif pajak iklan atau reklame sebesar 25% dengan dasar pengenaan pajak yaitu Nilai Sewa Reklame (NSR).

Hasil Perhitungan NSR sebagaimana dimaksud dalam dasar pengenaan pajak ditetapkan dengan Peraturan Gubernur. Masa pajak adalah jangka waktu yang lamanya sama dengan 1 bulan takwim atau 30 hari.

Pembayaran pajak wajib bagi orang pribadi atau badan yang menyelenggarakan reklame terebut. Dalam hal reklame melalui pihak ketiga selenggarakan, pihak ketiga tersebut menjadi wajib pajak reklame.

Berikut Hitungan Pajak Reklame Baliho Habib Rizieq

Menguti dari finance.detik,com misalnya baliho Habib Rizieq berukuran 3m x 5m, nilai strategis reklame (jalan protokol A) sebesar Rp 125.000 dan mereka pasang selama 1 bulan.

Luas Reklame 3m x 5m = 15m

Nilai strategis = Rp 125.000

Total Nilai Sewa Reklame = 15m persegi x 30 hari x Rp 125.000 (kelas jalan) = Rp 56.250.000

Pajak Reklame = Rp 56.250.000 x 25% = Rp 14,06 juta/bulan

Kesimpulan pajak reklame yang harus pihak pemasang baliho Habib Rizieq bayar adalah sebesar Rp 14,06 juta/bulan untuk baliho ukuran 3 x 5 meter persegi.

Pengenaan tarif pajak sendiri berbeda-beda tergantung jenis iklan dan lokasi pemasangan. Untuk penyelenggaraan reklame dalam ruangan (indoor), dihitung dan ditetapkan sebesar 50% dari NSR. Untuk penyelenggaraan reklame rokok dan minuman beralkohol, d!kenakan tambahan pajak sebesar 25% dari hasil perhitungan NSR.

Kemudian, untuk setiap penambahan ketinggian sampai dengan 15 meter dikenakan tambahan pajak sebesar 20% dari Hasil Perhitungan NSR.

Add a Comment