Hari Kesehatan Nasional Ke-56, Selamatkan Bangsa dari Pandemi

hari kesehatan nasional

PrimaBerita – Hari Kesehatan Nasional (HKN) jatuh setiap tanggal 12 november dan tahun ini HKN mengusung tema ‘Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat‘.

“Tema ini merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan segenap komponen masyarakat untuk terus bertekad dan berjuang keras menyelamatkan bangsadi masa pandemi covid-19,” kata ketum HKN ke-56 dalam buku panduan HKN ke-56.

Ia mengatakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun ini masih sedang berada dalam situasi bencana kesehatan yang telah merenggut ribuan korban jiwa. Hal ini tentu memprihatinkan. Tetapi menurutnya kondisi seperti ini dapat menjadi sebuah momentum untuk mengubah perilaku masyarakat. Bahkan untuk mendorong penguatan upaya kesehatan preventif serta promotif.

“Impelementasinya harus melibatkan peran aktif lintas sektor, perguruan tinggi, ormas, swasta, termasuk media massa. Sehingga dapat membangun masyarakat yang produktif dan aman covid-19 di era adaptasi kebiasaan baru,”

Adapun yang menjadi sub tema dalam peringatan HKN tahun ini yakni ‘jaga diri, keluarga, dan masyarakat, selamatkan bangsa dari pandemi covid-19’. Slogan ini menjadi pilihan supaya mengajak masyarakat untuk tidak putus asa. Takkan menyerah, dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan demi mewujudkan Indonesia sehat.

Menurut dr Kirana Pritasari,direktur jenderal kesehatan masyarakat yang juga selaku ketum HKN ke-56 tahun ini, slogan ini harus terus tergaungkan. Sehingga semua masyarakat dapat mandiri dalam menjaga kesehatannya dengan perilaku hidup sehat. Serta tetap menerapkan protokol kesehatan.

Terlepas dari itu, sebenarnya ada sejarah penting dalam peringatan HKN. Sejarah adanya peringatan HKN ini kembali pada era tahun 50-an saat malaria mewabah ke Indonesia. Saat itu pula ratusan ribu jiwa sudah terenggut akibat wabah. Guna membasmi penyakit tersebut maka pemerintah membentuk Dinas Pembasmian Malaria pada tahun 1959 silam.

Lima tahun berselang puluhan juta penduduk Indonesia sudah mendapat perlindungan dari penyakit malaria. Oleh karenanya pada 12 november 1964 atas keberhasilan memberantas penyakit malaria tersebut, HKN pun menjadi titik awal.

BACA JUGA: Perhatikan Gejala Dan Penyebab Penyakit Malaria, Bisa Mengakibatkan Kematian

Add a Comment