Gunakan Saja Pewarna Makanan Alami Ini Untuk Masakan

PrimaDaily – Memang lebih baik membuat pewarna makanan dari bahan-bahan alami seperti wortel dan lain sebagainya. Sebab selain warnanya yang menarik, tentu bahan-bahan seperti itu menyehatkan lantaran tidak ada tercampur bahan kimia.

Bahan-bahan alami yang mampu membuat warna bagi makanan juga bisa terdiri dari buah maupun sayuran. Berikut rekomendasinya untuk anda.

Untuk Membuat Warna Merah Makanan

1. Strawberry

Buah strawberry yang mengandung vitamin C sangat tinggi ternyata bisa menghasilkan warna alami merah muda. Anda cukup menghaluskan beberapa buah strawberry lalu menyaringnya untuk mendapatkan ekstrak. Jika menginginkan warna yang lebih pekat lagi maka anda dapat memanaskannya selama beberapa saat.

2. Buah Naga

Buah naga juga bisa dijadikan sebagai bahan pewarna makanan alami. Biasanya warna dari buah naga akan menghasilkan warna magenta. Untuk menjadikannya sebagai pewarna makanan, anda cukup menghaluskan daging buah naga. Setelah itu campurkan dengan bahan makanan yang anda olah. Namun rupanya bukan hanya daging buahnya saja yang bisa kita manfaat untuk pewarna makanan. Kulit buah naga juga bisa kita haluskan dan mengambil ekstraknya.

3. Rosella

Rosella bisa menjadi pewarna merah alami untuk makanan. Anda cukup mengambil kelopak tanaman rosella yang mengandung pigmen antosianin. Seduh beberapa kelopak bunga rosella dengan air panas. Nantinya ekstrak bunga rosella bisa anda gunakan sebagai pewarna makanan.

Untuk Membuat Warna Hijau Makanan

1. Daun Pandan

Daun pandan sudah sangat populer sebagai pewarna makanan alami yang menghasilkan warna hijau. Selain memberikan warna pada makanan, pandan juga memberikan efek wangi pada makanan. Haluskan beberapa helai daun pandan dan beri sedikit air. Peraslah halusan daun pandan tersebut dan aplikasikan pada adonan.

2. Bayam

Selain daun pandan, sayur pandan juga bisa anda manfaatkan untuk memperoleh warna hijau alami. Sama seperti cara lainnya, haluskan bayam dengan blender.

Untuk Membuat Warna Kuning dan Oranye Makanan

1. Kunyit

Rempah yang satu ini juga sangat umum dimanfaatkan sebagai pewarna kuning makanan yang menyehatkan. Selain itu kunyit juga bisa sebagai bahan pengawet alami makanan. Parutlah beberapa ruas kunyit kemudian saring hingga menyisakan ekstrak kunyit. Inilah yang anda campurkan pada adonan.

2. Wortel

Wortel dapat menghasilkan warna jingga atau oranye. Sayuran yang terkenal dengan kandungan vitamin A-nya ini anda haluskan hingga memperoleh ekstrak wortel.

Sumber artikel: Primadaily.comGunakan Saja Pewarna Makanan Alami Ini Untuk Masakan.

Add a Comment